Senin, November 17, 2008

YESUSKAH TUANMU ?

Written by: liesye herlyna


Banyak dari kita berkata, “Saya sudah mencoba untuk meninggalkan rokok tapi koq tidak bisa”, “ Saya sudah mencoba untuk mengampuni tapi koq tidak bisa”, “ Saya sudah mencoba untuk menaati firman TUHAN tapi koq tidak bisa”, “Saya sudah Kristen tapi koq hidup saya masih susah” dan………… masih sederet pertanyaan lagi yang timbul dalam benak anda. Temukan kuncinya di bawah ini.


MENURUT MU SIAPAKAH YESUS 
Markus 8:27, “ …….. "Kata orang, siapakah Aku ini?" 

YESUS mengajukan pertanyaan ini kepada murid-muridNYA dan murid-muridNYA ada yang menjawab YOHANES PEMBAPTIS, ELIA, seorang diantara para nabi, etc. Bila saat ini YESUS bertanya kepada saudara, “SIAPAKAH AKU MENURUTMU ?” jawaban anda pasti beragam pula, ada yang berkata YESUS sebagai PENOLONG, PENGHIBUR, PENYELAMAT, PENYEMBUH, etc. 

Saat anda sakit, baru panggil YESUS. Saat anda terjepit, baru panggil YESUS. Saat anda menginginkan sesuatu, baru mencari YESUS, tapi bila keadaan anda sudah pulih, anda melupakan YESUS. Hal ini banyak melanda anak-anak TUHAN saat ini, mereka hanya mencari TUHAN bila TUHAN memenuhi semua keinginannya dan meninggalkan TUHAN bila TUHAN tidak memenuhinya. 

Karena itu tak heran bila anda tidak menaruh hormat kepada NYA, anda merasa TUHAN seperti pembantu yang bisa anda suruh untuk mengabulkan semua keinginan anda. Dan merasa pundung (kecewa red), karena TUHAN tidak memenuhi keinginan anda.


Saudaraku, bila anda hanya menjadikan YESUS sebatas itu saja, berarti anda belum mengenal YESUS secara benar. Anda bisa mengenal YESUS dengan benar bila anda senantiasa membangun hubungan intim NYA. Contohnya, dari hanya mendengar langkah kakinya atau suaranya saja, saya bisa mengenali siapa yang datang, entah itu orang tua, keponakan atau sepupu. Saya bisa mengenal mereka, karena ada hubungan yang erat dengan mereka. 

Demikian juga kita bisa mengenal ALLAH dengan benar bila kita membangun hubungan terus menerus dengan ALLAH. ALKITAB adalah seluruh kebenaran FIRMAN ALLAH yang di ilhami oleh ALLAH, melalui Alkitab kita dapat belajar siapa diri ALLAH yang sesungguhnya dan bukan berdasarkan apa kata orang atau pengalaman pribadi mereka bersama YESUS. Kita bisa belajar melalui kesaksian hidup mereka bagaimana TUHAN bekerja secara luar biasa, tapi bukan pengalaman pribadi orang tersebut yang diterapkan dalam diri kita dan diberi label nama kita sendiri.


Anda paham maksud saya ? 
TUHAN adalah seorang pribadi yang kreatif, DIA menciptakan setiap orang secara detail dan unik, sebelum dan sesudah anda tidak ada yang sama. Anda adalah seorang yang special dimataNYA. Sesuatu yang special tentu sangat mahal nilainya, bukan karena harga tapi karena nilai yang terkandung di dalamnya. TUHAN telah memberikan diriNYA secara khusus kepada anda karena ingin berbagi kehidupan dengan anda sampai ke hal-hal yang bersifat pribadi. Melebihi hubungan antara Pencipta dengan ciptaanNYA.




MENERIMA YESUS sebagai TUHAN dan JURU SELAMAT 
KISAH 10:36, “Itulah firman yang Ia suruh sampaikan kepada orang-orang Israel, yaitu firman yang memberitakan damai sejahtera oleh Yesus Kristus, yang adalah Tuhan dari semua orang.”


Hidup anda tidak cukup hanya menerima YESUS sebagai Juru Selamat saja tapi harus menjadi YESUS sebagai TUHAN atas hidup anda, artinya menjadikan DIA sebagai penguasa tunggal, pengatur dan berdaulat penuh. Bukan kedagingan/iblis yang menjadi tuan atas hidup kita tapi YESUS yang menjadi tuannya. Ada penggantian kepemilikan.

Alkisah di suatu negeri antah berantah, dimana ystem perbudakan masih berlaku. Terdapat suatu desa yang indah dan permai, suatu hari sekelompok perompak menyerang suatu desa tersebut dan menjarah semua barang yang bisa dijarahnya, penduduk desa dikumpulkan menjadi satu dan digiring untuk dijual sebagai budak. Tidak terima diperlakukan seperti ini, ada beberapa orang yang memberontak dan mereka disiksa bertubi-tubi, kepanasan, kurang makan dan minum dan juga pelecehan harga diri. Hingga tiba di tempat pelelangan, satu per satu budak itu digiring dihadapan calon pembeli.


Ada seorang tuan yang sangat kaya raya dari negeri seberang berkunjung ke tempat itu, dan tertarik dengan apa yang ditawarkan, saat mendekati seorang budak., tiba-tiba budak itu meludah ke wajahnya dan menendang-nendang. Sambil tersenyum, tuan ini berkata, “Aku menyukai budak ini, berapa harga yang harus aku bayar atas dirinya.” Setelah bernego, tuan ini membayar sejumlah uang dan dibawalah budak itu keluar kota. 

Tuan ini berkata, “Mulai hari ini engkau bebas dan ini adalah surat pembebasanmu. Pergilah dan jadilah orang merdeka.” Budak ini tidak habis pikir, kenapa tuan ini mau membeli dirinya dan serta merta membebaskannya, dia sudah beranggapan bahwa dia akan menjadi budak seumur hidupnya. Sambil tersungkur, budak ini bertanya, “Tuan, kenapa tuan mau membebaskan saya ? Tuan sudah membayar saya dengan harga yang sangat mahal dan tuan tidak membalas atas kekurang ajaran saya.”

Tuan ini menjawab, “ Karena aku mengasihimu”. Budak ini menjawab, “Karena tuan sudah membebaskan saya, terimalah saya sebagai budakmu. Saya akan mengabdi kepadamu seumur hidup, kemana pun tuan pergi, saya akan mengikutimu. Ini adalah ucapan terimakasihku karena tuan telah membebaskan saya. TUANlah yang menjadi TUANku sekarang.



ANDA TAHU, SIAPA YANG MENJADI BUDAK ITU ? 
YOHANES 10:10, “Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.”


YA, anda dan saya. Kita telah ditebus oleh darah yang sangat mahal yaitu darah YESUS KRISTUS, YESUS adalah tuan yang baik, DIA memberikan kebebasan kepada anda untuk menikmati hidup. Dulu kita diperbudak oleh dosa, iblislah yang menjadi tuan atas kita, menjadi budak-budak yang dikuasai oleh tumbuhan (rokok, minuman keras), emosi, hawa nafsu, okultisme, free sex, etc. 

Salah seorang rekan saya pernah bercerita bahwa setiap hari dia harus melakukan onani dan itu sudah menjadi ritual dia setiap pagi. Dia berkata, “Aku tahu, itu dosa, tapi saya tidak mampu mengatasinya. Bila saya tidak melakukannya, saya tidak bisa bekerja dengan benar.” Suatu hari dia ikut KKR dan berkomitmen menjadikan YESUS sebagai penguasa tunggal, saat mendapat kebenaran. Tuhan datang untuk memberikan pembebasan yang sejati.

Anda hanya akan mengalami kemerdekaan sejati bila anda menjadikan YESUS sebagai TUHAN dan JURU SELAMAT atas hidup anda. Anda harus memiliki pokok tanaman itu maka anda akan menikmati hasil dari tanaman itu.


Bila anda hanya menjadikan YESUS sebagai JURU SELAMAT, PENOLONG, PENGHIBUR,etc itu tidak salah, tapi itu semua bukan yang terutama. Yang terutama adalah menjadikan YESUS sebagai TUHAN. Dengan menjadikan YESUS sebagai TUHAN maka semua itu sudah termasuk didalamnya. Ibarat sebuah tanaman ada bunga beraneka warna (JURU SELAMAT, PENOLONG, PENGHIBUR) tapi yang terpenting, anda harus memiliki tanamannya alias pokoknya yaitu YESUS sebagai TUHAN. 

Saat anda mendapatkan pokoknya, secara otomatis anda memiliki apa yang dihasilkan oleh tanaman itu. Saat anda membutuhkan bunga, anda bisa memetiknya, Tapi bila anda hanya memiliki satu bunga misal PENGHIBURAN, hidup anda belum terisi penuh. Dan anda akan berusaha untuk memenuhinya dengan mencari di sekeliling anda, saat anda sakit anda mungkin mencari pengobatan alternative, saat kesulitan uang akan mencari pinjaman ke rentenir, saat kuatir akan masa depan mungkin akan mendatangi dukun, membaca ramalan/shio, karena anda berfikir YESUS hanya sebagai PENGHIBUR dan tidak mampu menolong anda dalam aspek yang lain.

Bila anda hanya menjadikan YESUS sebagai JURU SELAMAT, roh anda seketika selamat tapi jiwa (pikiran, perasaan, kehendak) anda belum, makanya tak heran banyak orang yang mengaku KRISTEN tapi kelakuannya buruk, mereka masih suka minuman keras, memukuli istri, selingkuh, menipu, berbohong, nonton film bokep, etc. Hal ini terjadi, karena mereka belum menjadikan YESUS sebagai penguasa tunggal dalam kehidupannya. Orang yang hidup di dalam KRISTUS artinya dia sudah mati terhadap kedagingan, mati terhadap dunia, dan hidup hari demi hari di dalam kebenaran FIRMAN TUHAN. 

Saat anda menjadikan YESUS sebagai TUHAN, DIA akan memperbaharui sendi-sendi kehidupan anda, baik dalam pikiran, perasaan, kehendak Yang tadinya suka berfikir negative terhadap orang baru, diubahkan menjadi pikiran positif, yang tadinya koret bin pedit menjadi dermawan, yang tadinya suka licik dalam berbisnis menjadi jujur, yang tadinya suka memukul istri menjadi penyayang, Yang tadinya emosional diubahkan menjadi penyabar,etc. Banyak hal akan YESUS ubahkan dalam hidup anda, saat anda menjadikannya sebagai TUHAN dalam kehidupan anda.

Mulailah ambil sikap menjadikan DIA sebagai penguasa tunggal dalam segala aspek kehidupan kita, maka anda akan saksikan pekerjaan NYA yang ajaib dalam hidup anda. Sebagai penutup, saya akan membagikan kisah di bawah ini.




PEMUDA DAN 10 KAMAR
 

Suatu hari ada seorang pemuda yang membeli sebuah rumah mewah di kawasan elit dan mentereng. Karena orang Kristen, dia mengundang YESUS untuk tinggal di rumah barunya dan mengajak YESUS untuk tinggal bersamanya, dia memberikan 1 kamar terbesar dan terindah dibandingkan 10 kamar lainnya. Tawaran itu diterima YESUS dan sejak itu YESUS tinggal bersamanya.
Suatu hari, di tengah malam bolong, terdengar ketukan di pintu yang sangat keras “TUKkkk…TUKkkk….TUkkkk….” dan kasar. Pemuda ini sangat terkejut dalam hatinya berfikir siapa tamu itu, saat pintu dibuka, ternyata…… iblis. Dengan seringainya berkata; “Hebat kamu sudah beli rumah baru yaa…..” 

Pemuda ini menghardik, “ Pergi kamu, iblis, disini ada YESUS. Dia akan mengusirmu.” “ AYO, coba kalau berani, panggil DIA” sahut iblis. “YESUS…YESUS….tolong aku, ini ada iblis.” Ditunggu tunggu YESUS tidak keluar bahkan batang hidungnya pun tidak. Semakin keras dia meminta tolong, semakin dasyat iblis memporak-porandakan seluruh isi rumahnya termasuk pemuda ini kecuali 1 kamar yang ditempati YESUS.


Setelah melihat seluruhnya sudah porak poranda, iblis segera keluar dan meninggalkan pemuda ini. Melihat iblis sudah keluar dari rumahnya, segera pemuda ini menghampiri kamar YESUS dan berkata” TUHAN, saya kan sudah mengajak TUHAN itu tinggal di sini. Tapi kenapa saya masih mengalami semua. Saya sudah memberikan 1 kamar yang paling indah untukMU, saya sudah menyiapkan makanan yang paling enak untukMU, sudah melakukan ini….saya sudah melakukan itu…. Tapi kenapa saya masih menderita ????” 

YESUS menjawab, “AKU, ALLAH yang setia, AKU menjaga apa yang telah dipercayakan kepadaKU, aku menjaga dengan baik 1 kamar ini, bukankah engkau hanya mempercayakan 1 kamar ini kepadaKU ?” “ Baik, kalau begitu, saya serahkan 5 kamar buat TUHAN jaga.” Keesokan harinya, iblis datang lagi dan melakukan hal yang sama seperti beberapa hari sebelumnya, bahkan lebih parah lagi.


Sambil tertatih-tatih pemuda ini mendatangi lagi kamar YESUS, “ TUHAN, kenapa saya masih juga disiksa iblis. Bukankah saya sudah menyerahkan 5 kamar untukMU ?” “AnakKU, apakah engkau sudah lupa perkataanku, bahwa aku menjaga hanya “sebesar” yang engkau serahkan padaKU?” jawab YESUS. 

Lambat laun, pemuda ini sadar, bahwa selama dia belum menyerahkan seluruh rumah kepada TUHAN, maka iblis akan selalu ada akses untuk mengacaukannya. Sambil tersungkur, pemuda itu berkata, “ TUHAN, sekarang aku sadar bahwa aku harus menyerahkan seluruh kepemilikan rumah ini kepadaMU, ini kunci-kunci dan sertifikat rumah ini. Jadilah TUAN atas rumah ini.” 

Beberapa hari kemudian iblis datang dengan konco-konconya, “Dok….dok…… cepat buka pintu kalau tidak dibuka, akan kami dobrak!!!!!!” Mendengar ini, pemuda ini berjalan dengan penuh ketakutan. “Nak, mundur. Biar AKU yang menghadapinya, ini adalah rumahKU.” JRENG….saat iblis melihat bahwa YESUS yang membuka pintu tanpa ba…bi…bu….langsung lari terbirit-birit.




PS:
- Putuskan sekarang juga, YESUS kah yang menjadi TUHAN atas dirimu atau iblis?
- Hanya YESUS yang bisa memberikan kemerdekaan sejati
- YESUS adalah TUAN yang baik
- YESUS berkuasa atas hidupmu hanya sejauh engkau menyerahkan kepadaNYA.

TUHAN memberkati ! (lies - 20042008)

Tidak ada komentar: