Senin, November 17, 2008

KEMERDEKAAN SEJATI

Written by: liesye herlyna

KOLOSE 2:8-9; "Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus. Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan."

Setiap tanggal 17 agustus kita memperingati kemerdekaan Indonesia dan sudah 63 tahun kita menikmati kemerdekaan itu. Bukan usia anak-anak lagi tapi ibarat manusia sudah memasuki usia mature. Tapi coba kita lihat, apakah Indo sudah benar-benar merdeka ? Belum, kita masih dijajah oleh Negara lain dalam segi ekonomi (IMF) , idelogi (individualisme, hedonisme, kapitalisme), politik. Namun kita tidak menyadari hal itu atau bahkan tidak mau tahu bahwa sebenarnya kita masih dijajah. Dan tidak mau berupaya untuk lepas dari masalah itu. Selama kita tidak berjuang untuk melepaskannya, maka belenggu itu akan terus menguasai kita.


Demikian juga dengan hidup kekristenan. Mungkin diantara kita sudah lama ikut Tuhan ada yang sudah 5 tahun, 10 tahun, 30, tahun,50 tahun bahkan mungkin dari sejak lahir sudah menjadi Kristen karena iman orang tuanya. Tapi apakah benar-benar sudah menjadi Kristen yang sesungguhnya?
Kristen yang bukan hanya sekedar “kristen” tapi benar-benar mengalami kemerdekaan di dalam KRISTUS.

de jure (tertulis)YESUS SUDAH MENEBUS DOSA KITA DIATAS KAYU SALIB

de facto (fakta)KITA BELUM MERDEKA SEPENUHNYA, MASIH HIDUP DALAM INTIMIDASI, FILSAFAT-FILSAFAT KOSONG DAN PALSU, AJARAN
NENEK MOYANG DAN ROH DUNIA

Sejak manusia jatuh ke dalam dosa, manusia dibelenggu oleh iblis baik roh, jiwa dan tubuh. Hidup manusia dikendalikan oleh 3K (keinginan mata, keinginan daging dan keangkuhan hidup). Melalui kematian YESUS diatas kayu salib, apa yang telah diambil selama ini oleh iblis dikembalikan lagi oleh YESUS kepada manusia. Keputusan ada ditangan manusia, apakah mau meraih hadiah itu atau hanya membiarkannya dan tetap hidup dalam belenggu iblis.

Banyak kita lihat orang yang mengaku kristen, tiap minggu ke gereja. Tapi begitu percaya akan namanya hongsui, perkataan paranormal, rasi bintang, takut sama setan, takut ke kamar mandi sendiri, percaya shio-shio atau bahkan ajaran-ajaran nenek moyang yang tidak masuk akal. Kalau begitu, apa bedanya kita dengan orang yang tidak kenal Tuhan. Justru anak-anak Tuhan harus berbeda karena kita bukan berasal dari dunia ini, walaupun kita ditempatkan di dunia untuk sementara waktu.

1 YOHANES 3:7,”Anak-anakKU, janganlah membiarkan seorangpun menyesatkan kamu. Barangsiapa yang berbuat kebenaran adalah benar, sama seperti Kristus adalah benar.Akan datang orang-orang yang datang pada kita untuk menjatuhkan iman kita dengan rupa-rupa angin pengajaran."

Banyak pengajaran yang mencomot sebagian firman Tuhan, digabungkan dengan filsafat-filsafat dunia, dikemas dengan rapi dan mengatakan ini loh kebenaran firman Tuhan.



A. PANDANGAN DUNIA
- Berkuasalah supaya dihormati
- Nasib kamu memang sudah jelek, tidak bisa apa-apa
- Berbohonglah supaya kesalahan kamu tidak diketahui orang banyak
- Kamu harus kaya supaya dihormati
- Manusia berasal dari kera dan memiliki karakter binatang/shio.
- Bintang ini tidak cocok dengan bintang ini atau shio ini tidak cocok dengan shio ini.


B. PANDANGAN TUHAN
- Jadilah pelayan supaya dihormati
- Rancangan Tuhan baik adanya
- Keterbukaan adalah awal pemulihan
- Ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan
- Manusia diciptakan segambar dan serupa dengan ALLAH
- Tuhanlah yang mempersatukan dan menyempurnakan

C. AJARAN TURUN TEMURUN, AJARAN NENEK MOYANG, LOGIKA
- Anak gadis jangan duduk di depan pintu
- Jangan menjahit malam-malam
- Jangan beli rumah tusuk sate
- Jangan tidur menghadap pintu 


D. LOGIKA
- Pintu adalah tempat keluar masuk jadi akan menghalangi jalan.
- Jaman dulu masih pakai damar, jadi takut tertusuk
- Angin dari seluruh penjuru akan masuk ke rumah ini dengan membawa debu plus bibit penyakit. Otomatis akan mudah menyerang penghuni rumah. Lagipula bila ada mobil lepas kendali akan langsung blas...blas...nyelonong masuk.
- Saat tidur kita tidak dapat menguasai diri, mungkin saja baju atau daster tersingkap ke atas dan terlihat pemandangan indah

KENAPA DIKATAKAN FILSAFAT KOSONG DAN PALSU
Karena semuanya diciptakan oleh manusia dalam usaha untuk mencapai pemahaman atas dirinya sendiri, melalui lingkungan sekitarnya. Seakan-akan mengerjakan kebenaran dengan melarang ini dan itu, jangan berbuat ini atau berbuat itu demi semata-mata memuaskan duniawi (KOLOSE 2:16-23,3:1-4).

YOHANES 10:10,”…………….AKU datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.”

YESUS datang bukan hanya untuk menyelamatkan umat manusia, memberkati manusia dengan berkat materi dan jasmani. Tapi untuk memberikan kemerdekaan yang seutuhnya bagi roh,jiwa dan tubuh manusia.


ROH HARUS DIPULIHKAN TERLEBIH DAHULU 
Manusia adalah mahluk sempurna yang diciptakan ALLAH dan hanya kepada manusia ALLAH memberikan nafas kehidupanNYA. Artinya ada bagian dari diri ALLAH yang dialirkan pada manusia. Saat manusia menerima nafas kehidupan, saat itulah babak baru dimulai. Dimana manusia dirancang untuk memiliki hubungan yang ekslusif bersama ALLAH dan mendapatkan kemuliaan yang sama seperti ALLAH (KEJADIAN 1:26, di ciptakan segambar dan serupa dengan ALLAH). 

Idealnya, manusia adalah gambaran dari jati diri ALLAH sendiri di muka bumi ini. Suatu hubungan yang sangat unique, bahkan mungkin para malaikat pun terheran-heran koq bisa yaa TUHAN sedemikian mengasihi manusia. Itulah ajaibnya TUHAN.

Sejak kejatuhan manusia ke dalam dosa, ada bagian dari diri manusia yang kosong dan itu hanya bisa dipuaskan oleh sang penciptanya sendiri. ROH yang tadinya begitu murni dan suci menjadi mati karena terpisah dari sumbernya. Manusia tidak mampu lagi berhubungan dengan ALLAH, dan berupaya untuk dapat berhubungan lagi dengan sang pencipta melalui agama.
 
Yesus datang dan mati di kayu salib, pertama- tama adalah untuk memulihkan hubungan antara ALLAH dengan manusia, menjadi perantara antara ALLAH dengan manusia. ALLAH adalah roh dan hanya bisa berhubungan dengan roh.
Saat kelahiran baru kita dilahirkan kembali dalam air dan roh.


APA HUBUNGANNYA DENGAN JIWA  
Jiwa merupakan penghubung antara roh dengan tubuh. Jiwa lah yang mengendalikan roh dan tubuh. Jiwa meliputi pikiran, perasaan, kemauan/keinginan. Awal kejatuhan manusia dimulai dari keinginan yang timbul di hati untuk mencicipi buah pengetahuan yang baik dan benar, timbullah pikiran dan menggerakkan mata melihat bahwa buah itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya dan menarik hati. Maka diambil buah itu dan dimakannya. 

YAKOBUS 1:14, "Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut."

Sejak itu manusia diperbudak oleh hawa nafsu, segala sesuatu dibuat hanya untuk memuaskan keinginan hatinya. Nonton film bokep, berkelahi, perselisihan, dendam,etc. Dan tidak mampu melepaskan diri. Langkah kedua, YESUS melakukan pemulihan dalam hal jiwa manusia.

YESaYA 61:1-3:
Memberitakan kabar baik kepada orang-orang sengsara
Merawat orang-orang yang remuk hati
Memberitakan pembebasan pada orang-orang tawanan
Kepada orang yang terkurung di penjara
Memberitahukan tahun rahmat Tuhan dan hari pembalasan ALLAH
Menghibur semua orang berkabung
Mengaruniakan perhiasan kepala ganti abu dan minyak untuk pesta ganti kain kabung.


PEMULIHAN TUBUH JASMANI  

Akibat dosa, selain roh kita mati, jiwa dibelenggu hawa nafsu, tubuh kita pun mengalami dampaknya. Sakit penyakit,cacat, etc. YESUS datang untuk memberikan pemulihan dan kesembuhan bagi tubuh jasmani kita, Yang sakit disembuhkan, yang buta melihat, yang lumpuh berjalan, yang tuli mendengar.
 
YESUS datang bukan hanya untuk menyelamatkan manusia tapi untuk mengadakan pemulihan dalam jati diri manusia mencakup pemulihan manusia batiniah. Saat manusia mengalami kemerdekaan sejati itulah kepenuhan ALLAH ada dalam diri manusia. Manusia kembali menjadi ciptaan yang sempurna segambar dan serupa dengan ALLAH.

PS:
- Untuk mengalami kemerdekaan sejati tinggallah di dalam KRISTUS
- Ijinkan Tuhan untuk melakukan perubahan dalam hidupmu, mulai dari rohmu, jiwamu dan tubuhmu.
- Jadilah orang Kristen yang mengalami terobosan


“SEBAB KAMU TELAH MATI DAN HIDUPMU TERSEMBUNYI BERSAMA DENGAN KRISTUS DI DALAM ALLAH.” KOLOSE 3:3 

TUHAN memberkati! (lies-17112008)

Tidak ada komentar: