Minggu, Februari 22, 2009

ROH YANG BERNYALA-NYALA

Written by: liesye herlyna

Up and down and shake…shake..

Up and down and shake…shake...Shake to the left and shake to the right
Turn around and shake….shake

Diatas adalah sebuah lagu lama yang masih saya sukai sampai sekarang. Lagu ini dulu suka digunakan untuk mengajak anak-anak sekolah minggu bernyanyi sambil berolahraga. Dengan mengikuti lagu ini badan menjadi bugar karena bergoyang-goyangkan mengikuti irama lagu, tapi kalau iman anda naik turun seperti lagu ini waaaaaahhhhhhhhh………itu sangat berbahaya……….

Kalau iman kita naik turun seperti yo-yo, itu artinya kita belum memegang FIRMAN TUHAN dengan benar. Firman TUHAN bukan hanya dibaca tapi harus direnungkan dan dipraktekkan. Bila kita hanya membaca, itu hanya baru menjadi pengetahuan. Saat pengetahuan itu direnungkan, itu akan timbul pengertian-pengertian di hati anda. Saat pengertian direnungkan akan menimbulkan kekuatan untuk menjalankannya (inilah yang dinamakan iman). Saat iman dilakukan dengan bantuan ROH KUDUS terjadilah mujizat.

Jadi, untuk terjadi mujizat tidak cukup dengan hanya berkata AMIN atas FIRMAN TUHAN, tapi ada proses pematangan dari apa yang diterima oleh akal budi menjadi diterima oleh hati. Disinilah proses yang sebenarnya, dimana terdapat penyatuan antara yang diterima oleh akal budi dengan hati nurani. 


Hal ini tidaklah mudah, karena daging selalu bertolak belakang dengan roh. Supaya proses penyatuan in terjadi, kita perlu menundukkan kedagingan kita dibawah kuasa ROH KUDUS supaya iman itu bisa terjadi. Makanya tak heran banyak anak TUHAN yang tidak mengalami terobosan dalam hidupnya, karena mereka baru menerima FIRMAN TUHAN sebatas pengetahuan(akal budi/jiwa) belum sampai menyentuh ke lubuk hatinya. Kehidupannya tak ubahnya seperti lagu diatas, saat mendapat berkat TUHAN imannya naik dan berkata “ HALELUYAH, TUHAN memberkati saya” “ HALELUYAH, TUHAN tidak mempermalukan saya”, etc. 

Tapi saat mendapat masalah, iman nya turun dan berkata “ Mana TUHAN, kenapa TUHAN tidak menolong saya. Kenapa TUHAN membiarkan saya terlilit hutang ini ?” “ Mana TUHAN, kenapa sampai sekarang saya belum mendapat jodoh juga, padahal saya sudah kepala 3.” “ TUHAN tidak adil, kenapa DIA membiarkan saya mengalami masalah seberat ini.” Mula-mula orang ini mulai kehilangan spirit berdoa, mulai malas saat teduh, mulai malas baca FIRMAN, mulai mencari nasihat pada orang fasik, mulai malas persekutuan, mulai malas ke gereja, akhirnya undur dari TUHAN. Orang ini mengalami kepahitan dengan TUHAN.

Memang ada saat dimana seakan-akan kita menemui suatu masa, dimana TUHAN seakan-akan TUHAN mendiamkan kita dan tidak menjawab doa kita. Kalau dulu saat kita berdoa, TUHAN langsung mengabulkan. Tapi koq kenapa sekarang saat anda berdoa, seakan-akan bertubrukan dengan tembok beton, tidak ada jawaban sama sekali.


Ketahuilah, saat anda menghadapi hal ini, sesungguhnya TUHAN sedang mengeluarkan anda dari cangkang yang menguasai hidup anda selama ini, mengeluarkan anda dari pola pikir lama yang senantiasa berfikir “ MENURUT AKU INI YANG BAIK” menjadi apa yang menurut TUHAN terbaik atas dirinya dan menggunakan cangkang yang lain yaitu manusia batiniah (manusia roh).

Manusia batiniah adalah manusia yang hidup berdasarkan iman, bertolak dari iman, dan dipimpin menuju iman. Kita tidak dapat datang kepada ALLAH bila tidak memiliki iman. Karena ALLAH tidak bisa dilihat dengan kasat mata, dan dibutuhkan iman untuk dapat mengenalNYA. Dan itu adalah anugerah.

Jadi kunci utama untuk memiliki iman yang terus naik bukan stabil, karena iman yang stabil atau stagnasi itu sebenarnya kita sedang mengalami kemunduran.

Saya percaya, YOSUA memiliki roh yang bernyala-nyala sehingga dia mampu memimpin bangsa ISRAEL untuk menghancurkan tembok YERICHO. Bayangkan saja, tembok YERICHO yang dibangun sangat tinggi dengan palang-palang pintu yang kuat, mampu dirubuhkan dengan hanya mengelilinginya.


CARA UNTUK MENDAPATKAN ROH YANG MENYALA-NYALA :
1.
SENANTIASA BERSUKACITA DAN MEMUJI TUHAN
2 TESALONIKA 5:16, “BERSUKACITA SENANTIASA”


2. JAGA HUBUNGAN PRIBADI DENGAN TUHAN
MAZMUR 25:14, “TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.” 2 TESALONIKA 5:17, “TETAPLAH BERDOA”
3. SENANTIASA MENGUCAP SYUKUR

MAZMUR 42:6, “Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan
Allahku!”
2 TESALONIKA 5:18, “MENGUCAP SYUKUR DALAM SEGALA HAL.”


4. MENARUH KEPERCAYAAN KEPADA TUHAN SEPENUHNYA
AMSAL 3:5-6, “
Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”

KENAPA ROH KITA HARUS MENYALA-NYALA
Amsal 18:14, “Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?”
20:27, “Roh manusia adalah pelita Tuhan, yg menyelidiki seluruh lubuk hatinya.”


SEMANGAT/ ANTUSIAME adalah seperti tombol on yang ketika kita tekan menyambungkan seluruh syaraf-syaraf di tubuh kita, dan memacunya dengan tiada henti.
Ibarat tegangan listrik, semangat pun ada yang tinggi dan rendah.Orang yang memiliki semangat yang tinggi, akan mampu menghadapi semua persoalan yang menghadang di depannya, dia akan mampu melawan rasa sakitnya, dia akan mampu menawan perderitaannya, karena dia memiliki sesuatu yang menggerakkan di dalam dirinya.

Ayat di atas dengan jelas mengatakan, bahwa hanya orang yang bersemangatlah yang dapat menanggung penderitaaannya dan hanya dia sendirilah yang berhak memutuskan apakah akan tetap berjuang dan maju ataukah kalah dan mundur.

Tanpa memiliki roh yang bernyala-nyala , mustahil kita akan mampu mengatasi kehidupan ini. Dengan memiliki roh yang bernyala-nyala membuat kita kuat dalam menghadapi hidup ini. Letakkanlah seluruh kehidupanmu di dalam YESUS, maka ROH NYA yang HIDUP akan senantiasa menyegarkan anda.


TUHAN memberkati ! (lies)

Tidak ada komentar: