Kamis, September 11, 2008

URAPAN ROH KUDUS

Saat Tuhan YESUS hendak naik ke surga, DIA tidak memerintahkan para murid untuk langsung pergi menginjili. Tapi disuruh menunggu kuasa ROH KUDUS turun atas mereka, barulah mereka bisa melayani. Karena Tuhan tahu kemampuan mereka bahwa tidak ada seorang pun yang mampu bertahan di tengah ganasnya dunia ini,tidak ada seorang pun yang mampu melawan roh jahat dan tidak ada manusia yang tahan terhadap gesekan tanpa diperlengkapi oleh kuasa NYA. Demikian Tuhan hendak memperlengkapi setiap dari kita dengan ROH NYA yang KUDUS.

FUNGSI ROH KUDUS
1. Pendamai antara ALLAH dengan manusia
2 TESALONIKA 2:13,”…….. sebab Allah dari mulanya telah memilih kamu untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai.”

2. Sebagai saksi
ROMA 8:16,” Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.”

3. Sebagai meterai milik kepunyaan ALLAH
YAKOBUS 4:5,”……….. "Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!"
ROMA 8:9,” Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.”

4. Memberi kemerdekaan
2 KORINTUS 3:17,” Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.”

5. Memimpin kepada kebenaran dan menyatakan hal-hal dimasa akan datang
YOHANES 16:13,” Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang."

6. Penghibur, penolong, pengingat
YOHANES 14:26,” tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

7. Menyampaikan berita injil dari surga
1 PETRUS 1:12,”……………Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.’

8. Menyatakan apa yang ada dalam diri ALLAH
1 KORINTUS 2:10,” Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.”

9. Mengaktifkan karunia yang ada dalam diri tiap pribadi
YESAYA 61:1,” Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,……

2 MACAM URAPAN YANG AKAN DIBERIKAN OLEH ROH KUDUS
1. URAPAN DARI DALAM
YESAYA 63:11,”…….. Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka;”
1 KORINTUS 3:16,” Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?”
Fungsi:
- memampukan menjadi orang percaya
- membangun karakter Kristus
- menghasilkan buah-buah roh; kasih, sukacita, damai sejatera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.

Setiap orang yang lahir baru, dia masih bayi rohani, dan ROH KUDUS berperan sebagai ibu rohani untuk mendidik setiap anak-anakNYA mengalami perubahan demi perubahan menuju ke arah kesempurnaan rohani sama serupa seperti KRISTUS. Anda tidak dapat menolak perubahan ini, karena perubahan ini berjalan terus seumur hidup. Semakin anda menolak, semakin lama anda didewasakan, semakin lama pula anda mengalami penggenapan janji-janji Tuhan. HANYA ORANG DEWASA SAJA YANG MAMPU UNTUK MENERIMA SETIAP JANJI YANG TUHAN BERIKAN ! MAU TERIMA JANJI TUHAN, JADILAH DEWASA !

2. URAPAN DARI LUAR
YESAYA 32:15,” Sampai dicurahkan kepada kita Roh dari atas: Maka padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan.”
BILANGAN 11:17,”……..lalu sebagian dari Roh yang hinggap padamu itu akan Kuambil dan Kutaruh atas mereka,………”
MATIUS 12:18 "Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya………”
YESAYA 61:1,” Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku……..”
KISAH RASUL 2:17,” Akan terjadi pada hari-hari terakhir -- demikianlah firman Allah -- bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi.Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat.”

Fungsi: Memperlengkapi setiap anak Tuhan supaya penuh urapan dan kuasa dalam setiap pelayanannya.
Tujuan : mendatangkan Kerajaan ALLAH di muka bumi ini. Kerajaan ALLAH bukan berupa kata-kata tapi berupa KUASA.

Mungkin saja seseorang tetap bisa berbahasa roh, tapi sudah tidak ada kuasanya. Kenapa bisa demikian ?
Mungkin karena keseringan, menjadi hapal kalimat-kalimatnya, dan dikatakan itu bahasa roh. Contoh kasus: ada seseorang datang kepada anda dan minta di doakan, saat itu kondisi rohani anda sedang tidak baik. Tapi karena menyandang status pengerja, mau tidak mau (demi formalitas) mendoakan orang tersebut. sekalipun didoakan dengan bahasa roh sampai mulut berbusa-busa tapi hati anda diliputi keraguan “Benar gitu Tuhan bisa bisa menyembuhkan orang ini ?” maka doa anda tidak akan dijawab Tuhan. Saat anda berdoa dengan iman, ROH KUDUS mendukung anda dan menjadikan doa anda menjadi kenyataan. Bahasa roh tidak menjamin seseorang dipenuhi kuasa Tuhan, hanya orang yang tunduk dan rendah hati yang akan dipenuhi oleh kuasa ROH KUDUS.

ROh kudus yang didalam kita adalah meterai yang diberikan oleh Tuhan saat pertama kali lahir baru, berfungsi sebagai penuntun, penolong, penghibur,pengajar,etc. Urapan dari luar melambangkan kuasa yang dicurahkan oleh TUhan, di ibaratkan sebagai mata kapak dan bila tidak dijaga bisa hilang, Urapan dari luar ini, mengeluarkan dan menggerakkan apa yang sudah ada dalam diri setiap orang percaya.

MATIUS 16:17, “Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
16:18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”
Hanya punya belas kasihan saja tidak cukup, harus ada tindakan, yaitu saat melihat orang sakit, kita mendoakannya dengan iman dan oleh kuasa Tuhan itu terjadi.
Bila berkata, kita orang percaya, harus diimbangi dengan tindakan, yang memampukan untuk bertindak adalah kuasa ROH KUDUS.


BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN URAPAN ROH KUDUS
1. LAHIR BARU
YOHANES 3:5,” Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

2. HATI YANG HAUS
YESAYA 44:3,” Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu.”

3. TERIMA DENGAN IMAN DAN RENDAH HATI
MARKUS 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

4. BERTINDAK
LUKAS 11:9,” Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.”
- MINTA, dengan sungguh-sungguh dan tidak tahu malu sampai diberikan
- CARI, seperti orang mencari barang berharga penuh kesungguhan dan keseriusan
- KETOK, hanya mengandalkan satu sumber yang sanggup menolong yaitu YESUS


BAGAIMANA URAPAN INI BEKERJA

KARAKTER + KARUNIA ROH + PELAYANAN = PERBUATAN AJAIB

KARAKTER + KARUNIA ROH - DAMPAK SEDIKIT
KARAKTER - KARUNIA ROH + TIDAK BERDAMPAK
KARAKTER + KARUNIA ROH + MAXIMAL

Kita punya karakter, punya karunia rohani tapi orientasi pada diri sendiri, tidak akan menghasilkan perbuatan ajaib. Tidak akan membawa dampak pada dunia ini. Kita hanya akan membawa dampak apabila kita membawa KRISTUS ke dalam dunia dan nama Tuhan dimuliakan melalui diri kita.
Jadi, harus ada tindakan iman

Tuhan sudah memberikan ROH NYA, memampukan anda dan saya untuk bertindak atas namaNYA. Menyatakan kebesaran namaNYA di atas muka bumi. Hingga genaplah nats ini, “ DATANGLAH KERAJAAN-MU, JADILAH KEHENDAKMU DI BUMI SEPERTI DI SORGA.”

Tuhan memberkati ! (lies)

Tidak ada komentar: