Kamis, September 11, 2008

3 KUNCI KEHIDUPAN

Written by: liesye


Tuhan menciptakan manusia bukan dengan asal-asalan tapi dengan maksud tertentu, yaitu supaya manusia mengatur dan mengolah bumi ini. Tapi banyak kita lihat, bukannya manusia yang mengatur alam tapi alamlah yang mengatur manusia. Manusia ada yang terikat rokok (rokok- daun- alam), terikat oleh minuman keras (anggur - tumbuhan - alam), bahkan banyak pula yang tidak tahu untuk apa hidup di dunia ini.


Karena tidak tahu tujuan hidupnya, tidak jarang mereka berbuat seenaknya, berfikir hidup adalah untuk hari ini dan setelah meninggal, dikubur, beres. Sedangkan anak-anak Tuhan percaya, bahwa setelah kematian ada kehidupan kekal, hidup di dunia hanya sementara. Di dunia, anda dan saya sedang mengumpulkan bekal yang tidak fana untuk dibawa ke sana, yaitu kehidupan roh. Dunia akan segera binasa dengan segala yang ada didalamnya, tapi yang membawa kita kesana adalah kehidupan di dalam YESUS KRISTUS.


2 TIMOTIUS 1:101, “dan yang sekarang dinyatakan oleh kedatangan Juruselamat kita Yesus Kristus, yang oleh Injil telah mematahkan kuasa maut dan mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa.”
1 YOHANES 2:6,” Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.”
GALATIA 2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku…………”



HIDUP ADALAH PERSEMBAHAN
ROMA 12:1,”Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.
12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
Persembahan = penyerahan hak kepemilikan kepada pihak lain. Saat kepemilikan itu berpindah, maka yang berkuasa penuh adalah pemilik yang baru.


Saat anda dan saya menerima YESUS sebagai TUHAN JURU SELAMAT, itu artinya anda sudah menyerahkan seluruh hidup anda kepadaNYA. Kehidupan menandakan keberadaan diri anda seutuhnya, saat anda mempersembahkan hidup anda kepada Tuhan artinya seluruh kehidupan anda ada didalam kuasa Tuhan. Tuhan akan mengubahkan dan memperbaiki bagian-bagian yang rusak akibat dosa dan memulihkannya untuk kehidupan kekal anda.


HIDUP :
- ada pertumbuhan (dari bayi rohani menjadi dewasa rohani)
- ada perubahan (karakter,pola pikir, etc)
KUDUS : dipisahkan, anda dan saya adalah orang-orang yang dipisahkan dan dikhususkan TUHAN.
BERKENAN: melakukan hal-hal yang menyukakan hati Tuhan, yaitu Firman Tuhan.



HIDUP ADALAH PERJUANGAN
2 TIMOTIUS
2:3 Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus.
2:4 Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.
2:5 Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga.
2:6 Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya.


Tuhan sudah menetapkan bahwa orang-orang yang mau ikut YESUS harus mau menderita dan pikul salib, menyalibkan segala kedagingan dan nafsu dunia. DIA tidak pernah menjanjikan hidup yang enak untuk mengiringiNYa, tapi hidup yang tidak mengenakkan, penuh pengorbanan, penderitaan dan air mata. Tuhan lakukan semua itu, bukan karena jahat dan menyiksa kita. Tapi untuk melatih kita, mendidik kita menjadi dewasa rohani dan siap menjadi mempelai Kristus.


Saat lahir baru, roh sudah selamat, langsung dipindahkan dari alam maut ke alam kekal, tapi tidak demikian dengan jiwa (pikiran, perasaan, kehendak). Menyangkut karakter, mentalitas, kebiasaan, gaya hidup, pola pikir tidak serta merta diubahkan, tapi melalui proses pengenalan akan Tuhan. Yang tadinya berpikir bahwa hidup untuk uang….uang….dan uang….. mulai diubahkan bahwa hidup adalah untuk memuliakan Tuhan dan untuk melayani sesama. Yang tadinya putus asa dan mau bunuh diri, diubahkan bahwa di dalam YESUS ada pengharapan dan jalan keluar. Perpindahan dari jiwa yang dikuasai oleh daging menjadi jiwa yang dikuasai oleh Tuhan,butuh proses dan itu berjalan seumur hidup. Rasul Paulus mengatakan ,” AKU SUDAH MENYELESAIKAN PERTANDINGAN KU.” “Setiap dari kita dituntut untuk menyelesaikan pertandingan yang telah Tuhan tetapkan, berlarilah pada jalur masing-masing dan selesaikanlah.


Anda dan saya tidak akan dapat menyelesaikan pertandingan bila berleha-leha dan tidak mempersiapkan diri. Ingatlah iblis selalu mengintai anda dengan menjatuhkan dan melemparkan anda jauh-jauh dari arena pertandingan. Latihlah diri anda sedemikian rupa, bertindaklah seperti prajurit, pelari dan seorang petani.
Saat jiwa anda dipulihkan, akan membawa efek yang luar biasa bagi tubuh anda.
Bila anda sering stress akan mengakibatkan sering sakit kepala, migren, vertigo, tekanan darah tinggi, sakit jantung. Bila anda sering kuatir, akibatnya sakit maag, nafsu makan berkurang, etc.


HIDUP ADALAH TANGGUNG JAWAB

Tindakan adalah aplikasi dari iman, jika kita mengaku sebagai orang percaya, tunjukkanlah itu. Orang tidak akan tersentuh hatinya melalui pembicaraan kita, tapi orang akan tersentuh hatinya saat melihat bahwa KRISTUS benar-benar hidup di dalam kita.

YOHANES 4:34, “………Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.”
GALATIA 6:5,” Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri
KOLOSE 3:23,” Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”
MATIUS 25:21,” Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.”


Saat kembali ke surga, Tuhan tidak akan bertanya berapa banyak hartamu, berapa banyak titelmu, seberapa besar kebaikannmu, etc. Tapi Tuhan akan bertanya “ SUDAHKAH ENGKAU MENGEMBAN TUGAS YANG TELAH KU BERIKAN KEPADAMU?” Silakan anda yang menjawabnya.
Jangan sampai ketika kita pulang ke surga, Tuhan menolak kita dengan berkata,” ENYAHLAH KAMU SEKALIAN PEMBUAT KEJAHATAN.”


Bila anda baru menyadari, bagaimana menjalani kehidupan ini. Tidak ada kata terlambat, mulailah ambil sikap dan katakan :


Tuhan, inilah hidupku, aku persembahankan menjadi
persembahan yang hidup dan berkenan kepadamu.
Aku tidak mampu menjalani kehidupan ini,
karena itu aku minta ROH MU yang kudus,
untuk memimpin seluruh kehidupanku.
Dalam nama YESUS. AMIN.


Tuhan memberkati ! (lies)

Tidak ada komentar: