Kamis, September 11, 2008

4 TABIAT BURUK PENYEBAB PENYAKIT

AMSAL 17:22,” Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.”

Para ahli kesehatan menyatakan setuju atas pernyataan ini, karena terbukti bahwa emosi yang buruk akan berdampak buruk pada kesehatan.

Ada 4 hal yaitu :
1. PEMBOSAN “BERAT” = sakit kepala, arthritis, asma, jantung.
Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungna antara kebosanan dengan sakit kepala. Rasa bosan akan melahirkan emosi negative pada tubuh, sehingga degan mudah meningkatkan stress dan memperlemah system kekebalan tubuh, sehingga kita akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebosanan juga akan mempengaruhi kebiasaan makan , umumnya orang yang merasa bosan akan menghabiskan begitu banyak cemilan.

2. RASA CEMAS DAN PANIK BERLEBIHAN = gangguan lambung.
Douglas Drossman seorang dosen kedokteran dari University of North Carolina melakukan sebuah penelitian bahwa seorang perempuan yang memiliki rasa cemas berlebihan pada hal-hal kecil akan mudah terserang gangguan pada lambungnya.

3. TIDAK SABARAN DAN EMOSIONAL = penyakit jantung dan stroke.
Apabila anda gampang gusar atau naik pitam gara-gara hal sepele, BERHATI-HATILAH. Rasa marah dan ketidak sabaran ternyata dapat mengaktifkan system kardiovaskuler secara terus menerus. Selanjutnya tekanan darah akan cepat naik, kecepatan pernafasan akan meninggi dan otot menjadi tegang sehingga mudah terserang penyakit jantung dan stroke.

4.TIDAK PERCAYA DIRI DAN RENDAH DIRI BERLEBIHAN = gampang sakit
Orang yang memiliki sikap mental ini sering terlibat pada hubungan yang buruk. Baik dalam pergaulan maupun keluarga. Perasaan rendah diri menyebabkan proses penyembuhan penyakit dalam dirinya akan terhambat, walaupun untuk flu ringan.

( sumber : majalah kesehatan)

Tidak ada komentar: