Kamis, September 11, 2008

DIPANGGIL MENJADI PENYEMBAH

Written by : liesye herlyna


YOH 4:23, “Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
Sejak awal penciptaan, sesungguhnya Tuhan menciptakan manusia untuk menjadi umat pemuji dan penyembahan, hanya penyembahan yang benar kepada sang Pencipta yang mampu melengkapi seluruh keberadaan jati dirinya. Kepuasan, ketenangan, kedamaian, sukacita, penerimaan diri, kasih, etc.
Akibat dosa, hubungan manusia dengan sang Pencipta terputus dan manusia tidak mampu lagi untuk menyembah dengan benar. Manusia berusaha menggunakan apa yang ada di sekitarnya untuk memenuhi kekosongan itu, baik berupa jabatan, pasangan, musik, uang, etc. Namun itu semua hanya bersifat sementara alias semu, tidak mampu menjawab kehausan yang menjerit-jerit di dalam dirinya.
Kematian YESUS di atas kayu salib telah merobek tirai pemisah antara manusia dengan ALLAH dan membuka jalan bagi manusia untuk berhubungan dengan BAPA melalui ROH dan KEBENARAN.


KENAPA HARUS MENYEMBAH DALAM ROH DAN KEBENARAN
Di ayat 24 sudah disebutkan bahwa ALLAH adalah roh dan menyembah DIA harus melalui roh juga. Saat membaca ayat ini, timbul dalam pikiran saya “ Wah mana mungkin, manusia kan punya tubuh, mana bisa menyembah Tuhan yang notabene adalah roh, berarti manusia harus mati dulu baru bisa ketemu ALLAH. “Manusia kan masih berdosa, bagaimana bisa menyembah Tuhan dalam roh dan kebenaran, mustahil.”

Saat saya bertanya-tanya, Tuhan berkata, “AnakKu, dengan dirimu yang lama, engkau tidak mungkin dapat menyembah AKU dengan benar. Karena segala sesuatu yang berkaitan dengan dosa tidak akan dapat menyentuh AKU. Melalui kematian putraKU, kebebasan itu telah terjadi atas dirimu dan semua orang. Engkau telah dilahirkan menjadi manusia baru dalam air dan roh, dan Roh Ku yang KUDUS telah ada di dalam dirimu. Itulah yang memampukan engkau untuk menyembahKU dengan benar.”

WOW………DAHSYAT…………!
Syarat 1 untuk bisa menyembah Tuhan dengan benar, cukup terima YESUS sebagai TUHAN dan JURU SELAMAT. ROH KUDUS lah yang memampukan anda dan saya untuk menyembah dengan benar.


APA YANG DIMAKSUD MEMUJI DAN MENYEMBAH
Awalan “me” menunjukkan pada suatu tindakan aktif yang di apresiasikan melalui tingkah laku, pikiran, dan perkataan pada suatu sasaran, melibatkan seluruh kemampuan verbal dan non-verbal. Saat wordship leader mengajak anda untuk memuji Tuhan, apakah anda sudah melakukannya dengan segenap hati, meresapi setiap makna yang ada di dalamnya. Merasakan bahwa ALLAH itu sungguh baik, mengagumi kedasyatan TUHAN, merasakan penghiburan Tuhan. Ataukah anda hanya merasa biasa-biasa saja, tidak ada sesuatu yang mampu menggetarkan anda dari lagu itu. Itu artinya anda baru sebatas menyanyi belum sampai menghayati/menghidupi.

Perlu diingat disini, Ttuhan bukan obyek penyembahan kita tapi adalah subyek/focus yang harus kita sembah. DIA adalah titik sentral dari seluruh pujian dan penyembahan kita. Bila anda menjadikan Tuhan sebagai obyek sembahan, artinya anda memanfaatkan Tuhan untuk memuaskan semua keinginan anda, Tuhan tak bedanya dengan tempat-tempat pemujaan untuk mendapatkan kekayaan. Dan itu adalah jahat di mata Tuhan.
Memuji dan menyembah Tuhan adalah suatu mata rantai yang tidak dapat dipisahkan, itu adalah bagian dari setiap anak-anak Tuhan. Memuji dan menyembah Tuhan tidak hanya di gereja tapi juga dalam kehidupan sehari-hari on 24 jam. Dalam setiap tarikan nafas, dalam setiap langkah, dalam setiap mengambil keputusan, dalam setiap bernegosiasi, dalam setiap ketemu klien,etc. Itu adalah penyembahan kita kepada. TUHAN.

KOLOSE 3:17, “Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.”

Contoh :
Tingkah laku, tidak membuang sampah sembarangan, tidak ugal-ugalan, tidak mengganggu ketertiban umum, etc
Pikiran, tidak berprasangka buruk, suka menilai orang, meremehkan pembicara
Perkataan, hanya memperkatakan hal-hal yang membangun dan membangkitkan semangat


MENGAPA HARUS MEMUJI DAN MENYEMBAH TUHAN
1. MENYENANGKAN HATI TUHAN
Kejadian 1:26, “Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa ………”


Manusia adalah ciptaan Tuhan yang termulia, karena diciptakan segambar dan serupa dengan Kristus. Walaupun berlaksa-laksa malaikat memuji dan menyembah DIA, terlebih hati Tuhan sangat disenangkan saat anak-anakNYA datang menyembah kepadaNYA. Karena anda adalah bagian dari diriNYA sendiri, ada nafas kehidupan yang dialirkan kepada anda.

Coba anda bayangkan saat anak anda mulai bisa berbicara dan memanggil pa…..pa…..ma….ma…. betapa sangaaaatttttt bahagia hati anda, merasa ingin memberikan seluruh yang anda punya kepadanya. Sepintar apapun hewan peliharaan, anda hanya sebatas kagum dan menyayanginya. Tapi anda tidak mungkin memberikan seluruh harta yang anda miliki, seluruh keberadaan anda untuk anjing itu, karena bukan darah daging anda. Ada perlakuan yang berbeda.


Demikian pula dengan anda, anda adalah darah dagingNYA sendiri, anda adalah bagian dari ALLAH. Buang pemikiran bahwa anda hanya sebatas mahluk ciptaan yang dilupakan begitu saja, tapi anda sungguh melekat di dalam pikiranNYA. Bahkan jauh sebelum anda dilahirkan, Tuhan sudah merancangkan yang terbaik untuk anda. Walaupun suara anda A-ANEH, B-BUTUT, C-CEMPRENG, hati Tuhan tetap terpuaskan bahkan sangat terpuaskan , karena engkau sungguh berharga di mataNYA.



2.MENJADIKAN SEMAKIN SERUPA DENGAN TUHAN
MAZMUR
115:4 Berhala-berhala mereka adalah perak dan emas, buatan tangan manusia,
115:5 mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berkata-kata, mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat,
115:6 mempunyai telinga, tetapi tidak dapat mendengar, mempunyai hidung, tetapi tidak dapat mencium,
115:7 mempunyai tangan, tetapi tidak dapat meraba-raba, mempunyai kaki, tetapi tidak dapat berjalan, dan tidak dapat memberi suara dengan kerongkongannya.
115:8 Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, dan semua orang yang percaya kepadanya.


Anda mungkin masih ingat jaman film serial Taiwan METEOR GARDEN, film ini sangat booming dan disukai oleh tua, muda, bahkan sampai anak-anak kecil mengidolakannya. Saking ng-fans-nya, mulai dari pakaian, gaya jalan, potongan rambut, bahkan sampai membentuk group 4 pria dengan 1 wanita. Yang wanita berlomba-lomba memiliki rambut panjang seperti SAN CAI sedangkan yang pria bergaya seperti TO MING SE atau HUA CE LAI. Saat kita mengidolakan seseorang, tanpa sadar kita ingin menjadi seperti tokoh idola kita, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki semua diusahakan sama, bahkan juga menyangkut gaya hidup.


Bayangkan bila tokoh idola kita itu, hidup bebas, free sex, selingkuh, pemakai narkoba, itu akan terimpartasi pada kita. Saat perhatian kita terus-terusan tertuju pada suatu hal, maka akan mempengaruhi kita. Akibatnya gaya hidup kita menjadi sama seperti tokoh idola kita. Coba anda perhatikan gaya hidup bangsa INDO sekarang, kawin cerai, selingkuh, kekerasan, narkoba sudah menjadi gaya hidup mereka, seakan-akan itu bukan hal yang memalukan lagi. Kenapa ?
Lagu-lagu selingkuh, kekerasan, korupsi, bunuh diri, apatis, etc sudah menjadi konsumsi kita sehari-hari ditambah gaya hidup para selebritis yang jauh dari norma-norma kesusilaan, mendorong para fans nya untuk mengikuti tokoh idola mereka. Karenanya jangan heran, bangsa kita seperti ini.


Tuhan katakan sembahlah AKU, pada saat kita terus-terusan menyembah Tuhan, focus terus pada Tuhan, maka Tuhan akan mengimpartasikan kemuliaanNYA pada kita. Saat anda tinggal di dalam Tuhan, membuat anda semakin jijik melihat dosa, karena kemuliaan ALLAH menyelimuti anda.


Apa yang kita sembah, akan seperti itu pula kita. Saat anda menyembah harta, akan seperti itulah karakter anda, penuh keserakahan, arogan, licik, sombong, kikir, etc.
Saat anda menyembah hobby, anda akan menjadi orang yang mementingkan diri sendiri, lupa keluarga, lupa pelayanan, bahkan mungkin lupa mengurus diri sendiri.
Saat anda menyembah karier, anda akan menjadi orang yang sombong dan menghalalkan segala cara untuk meng-goal-an tujuan anda tersebut.
Saat anda menyembah Tuhan, karakter-karakter anda akan semakin diubahkan hingga menjadi sama seperti KRISTUS.


3. MENDATANGKAN PERTOBATAN
Saat menyembah dengan segenap hati, anda akan merasakan suatu dimensi yang berbeda dimana hadirat ALLAH turun menaungi tempat itu.Saat hadirat ALLAH turun saat itu lah pemulihan terjadi dimana ROH ALLAH akan membuka sumbat-sumbat, mengeluarkan semua kotoran dari dalam diri anda, membersihkannya dan menyucikannya sehingga anda dapat menerima kebenaran Tuhan dengan pengertian yang benar. Orang yang hidup dalam penyembahan kepada Tuhan, dia akan merasa jjik terhadap dosa dan bertobat (bukan sebatas menyesal dan melakukan lagi) tapi benar-benar meninggalkan cara hidup yang lama dan hidup dalam hidup yang baru.



4. MENDATANGKAN KUASA KELEPASAN
KISAH 16:25, “Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.
16:26 Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka sem
ua.”


Saat Paulus dan Silas berada di dalam penjara, mereka tidak nge-dumel atau berusaha untuk kabur dengan mematahkan belenggu. Tindakan yang mereka lakukan adalah memuji dan menyembah Tuhan. Saat memuji dan menyembah Tuhan itulah, kuasa mujizat Tuhan turun melawat penjara itu, melepaskan segala belenggu dan membuka pintu yang tertutup rapat. Pintu melambangkan jalan keluar, belenggu melambangkan ikatan-ikatan yang membelenggu anda selama ini. Entah kepahitan, dosa, iblis, kutuk turunan, apapun juga. Tuhan sanggup melepaskannya.


Melalui teladan mereka, kita belajar bahwa saat masalah datang seberat apapun juga, tetap tinggal tenang sambil memuji Tuhan. Saat hati Tuhan disenangkan, maka pertolongan itu akan datang menghampiri anda. Anda akan melihat jalan keluar dari masalah anda, anda yang terikat akan dilepaskan. Kuncinya hanya satu SEMBAHLAH TUHAN!


Salah seorang rekan saya bercerita bahwa dia tidak mampu untuk menghilangkan kebiasaan nonton vcd porno. Dia sudah melakukan berbagai cara, minta di doakan oleh pembimbingnya (sampai muntah-muntah red), ditumpangkan tangan, datang ke KKR, doa jengkang-jengking, tetap tidak bisa lepas. Sampai suatu saat dia berdoa,” TUHAN, saya mau lepas dari kebiasaan buruk ini, tapi tetap tidak bisa.” Lalu Tuhan menjawab, “ SEMBAHLAH AKU!” Rekan saya ini bingung, apa hubungannya antara melepaskan kebiasaan buruk dengan menyembah Tuhan. Tapi dia mau belajar taat, saat hasrat untuk menonton film itu datang, dia menyembah Tuhan. Dan tanpa sadar 3 bulan telah berlalu dan keinginan untuk menonton itu sudah hilang sampai sekarang. PUJI TUHAN !


Apapun pergumulan anda, entah itu kebiasaan buruk atau masalah pribadi anda, jangan focus terhadap masalah itu, keluarkanlah masalah itu dari diri anda dan serahkan pada YESUS. Kemudian sembahlah DIA. Bila anda belum menemukan kelegaan teruslah sembah DIA. Sampai anda menemukan suatu titik dimana anda menemukan kelegaan yang luar biasa, suatu perasaan yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata tapi anda dapat merasakannya, itu artinya roh anda sudah menang dan anda mengalami kemerdekaan.


JANGAN MENDENGARKAN LAGU DUNIA
Di atas telah dibahas mengenai dampak lagu-lagu yang kita dengar, karena itu akan berpengaruh terhadap pola pikir dan perilaku pendengarnya. Firman Tuhan katakan “ apa yang kita dengar, apa yang kita lihat, itu akan mempengaruhi kehidupan kita.”


Dalam sebuah infotaiment di sebuah TV swasta di bahas mengenai dampak lagu-lagu bagi penyanyinya, MAIA AHMAD mengatakan, “ Mulutmu adalah doamu”, CRISTINA, “Saya menyesal mempopulerkan lagu “ jatuh bangun” karena lagu itu menjadi nyata dalam hidup saya.”


AMSAL
13:3 Siapa menjaga mulutnya, memelihara nyawanya, siapa yang lebar bibir, akan ditimpa kebinasaan.
18:21 Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya
.


Saat kita terus-terusan menyanyikannya dan menghayatinya, lagu akan masuk ke dalam alam bawah sadar dan menguasai kehidupan kita dan tanpa sadar kita ikut menyetujuinya. Contoh: saat anda mendengar lagu : JADIKAN AKU YANG KEDUA, dalam alam bawah sadar secara tidak langsung anda menyetujuinya untuk menjadi selingkuhan, walaupun tidak dapat dibahagiakan oleh pasangan, dan itu mempengaruhi pola pikir anda dan terimplementasikan dalam tindakan anda.


Sebuah lagu tercipta dari inspirasi si penulis, saat si penulis sedang jatuh cinta, dia akan menuliskan lagu mengenai pemujaan kepada sang kekasih, mengenai cinta, etc. Saat penulis sedang kesal, dia akan menuangkan kekesalannya dalam sebuah lagu, karenanya muncul lagu-lagu beralira keras seperti rock n roll, musik cadas, terinspirasi dari pemberontakan, kekerasan, etc. Tahun ’90 an ada sebuah grup musik NIRWANA diboncengi KURT COBAIN sebagai vokalisnya. Di saat-saat terakhir hidupnya, dia menulis sebuah lagu “ I HATE MY SELF N I WANT DIE” dan seperti anda ketahui dia mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Beberapa tahun kemudian, seorang pemuda mendengarkan lagu ini dan juga mengakhiri hidupnya dengan cara yang sama.


Dari kasus di atas, kita dapat ketahui bahwa inspirasi pencipta memiliki pengaruh dalam sebuah lagu dan memiliki pengaruh yang sangat kuat bagi para pendengarnya.
Walaupun mungkin lagu itu dalam bahasa yang tidak anda mengerti, tapi saat anda menyimak lagu itu, anda dalam menyimpulkan bahwa lagu ini mengenai patah hati, jatuh cinta, etc.


Ingatlah satu hal, anda telah dipanggil untuk menjadi penyembah-penyembah Tuhan dalam roh dan kebenaran. Itu bukan hanya bagian wordship leader di gereja saja, atau saat datang ke gereja saja. Tapi selama 24 jam itu adalah penyembahan anda kepada Tuhan. Tubuh anda adalah bait ALLAH, jangan dicemari dengan hal-hal yang berasal dari dunia. Karena itu adalah jahat di mata Tuhan. Anda sudah dikuduskan oleh Tuhan, hiduplah dengan penuh tanggung jawab kepada Tuhan.



PS:
- Berhati-hatilah dengan apa yang anda dengan dan lihat karena itu akan mempengaruhi kerohanian
- Persembahkan tubuh anda sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenaan dengan TUHAN


Tuhan memberkati !(lies)

Tidak ada komentar: