Kamis, September 11, 2008

MENJADI PRAJURIT SEJATI

2 TIMOTIUS
2:1 Sebab itu, hai anakku, jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus.
2:3 Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus.
2:4 Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.

Saat sedang asyik-asyiknya menikmati udara pagi, tiba-tiba saya dikejutkan oleh serombongan tentara yang sedang berlari-lari memasuki lapangan TEGALEGA. Baju kaos dan sepatu sport semuanya seragam merah hitam. Dengan semangat ’45 nyanyi bersahut-sahutan, membuat orang-orang tertarik untuk bergabung dan mengekor di belakang rombongan ini, termasuk saya. Karena tidak terbiasa lari, tidak sampai satu putaran saya sudah berhenti kelelahan. Sedangkan mereka tetap berlari dengan semangat menyelesaikan beberapa putaran.

Tiba-tiba ROH KUDUS berbicara kepada saya, “ Coba kamu perhatikan mereka (tentara red). Apakah mereka semua menyelesaikan putarannya ?”
“Tidak, sebagian besar memilih untuk tidak menyelesaikannya “ “Kenapa ?” Tanya ROH KUDUS. “ Karena mereka tidak mau menyesaikannya, mereka memilih untuk tidak memaximalkan kemampuan mereka.” Jawabku.
“Selain itu ?” ujarNYA. “Mereka tidak menyadari siapa diri mereka yang sesungguhnya, yaitu sebagai seorang tentara yang punya tanggung jawab lebih dibandingkan rakyat biasa. Beban di pundak mereka sangat besar karena nya membutuhkan kapasitas yang besar untuk dapat memikul tanggungjawab yang besar itu pula.”

Anda dan saya adalah prajurit-prajurit rohani, suatu tanggungjawab besar sudah Tuhan berikan pada kita (MATIUS 28:19-20) dan yang terpenting adalah peperangan melawan iblis.
Peperangan kita bukan melawan darah dan daging tapi melawan roh-roh jahat di udara. Orang –orang yang berada disekitar kita, bukan untuk diperangi atau dimusuhi tapi untuk dikasihi dan disayangi sama seperti prajurit yang melindungi kepentingan orang lain. Mungkin timbul dalam pikiran anda “Ah masa sih” “Mana mungkin sih, aku yang seperti ini mampu menjadi prajurit yang tangguh”, etc. Jauh sebelum anda dilahirkan, anda bahkan sudah menjadi seseorang yang tangguh, survei membuktikan anda mampu menyisihkan +/- 1.999.999 juta sel sperma dan anda keluar sebagai pemenang.
WOW…… DASYAT !!

Sejak awal, Tuhan telah memperlengkapi anda dengan kapasitas yang luar biasa karena DIA tahu, di dalam dirimu mengalir darah seorang prajurit yang RUAR BIASA yaitu darah YESUS KRISTUS.

Karakter seorang prajurit :
1.KUAT; apa yang anda dengar, apa yang anda lihat, apa yang anda pikirkan akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan manusia rohani anda. Bila memikirkan kekecewaan, kepahitan, iri hati, anda memberikan racun pada roh anda. Akibatnya anda tidak akan menjadi dewasa rohani. Masalah, persoalan, pergumulan adalah proses untuk mendewasakan anda dan saya.

2.TERLATIH, kematian dan kebangkitan YESUS adalah kemenangan mutlak atas dosa, kematian dan iblis (secara de jure). Peperangan yang sesungguhNYA adalah antara kita dan iblis (secara de facto), antara keinginan daging dengan keinginan roh, antara tunduk kepada ALLAH dengan tunduk kepada hawa nafsu. Tuhan melatih setiap anak-anakNYA untuk bisa menundukkan keinginan daging, dan hidup dalam pimpinan ROH.

3. MAU BAYAR HARGA, untuk mendapatkan sesuatu ada harga yang harus dibayar. Saat Tuhan menyuruh sesuatu, seringkali bertentangan dengan keinginan kita. Misal: saat pertama kali disuruh saat teduh, waduh perjuangannya beraaaaaaaat sekali, mana cuaca dingin, masih subuh sudah harus melek, enaknya sih tarik selimut, tidur lagi. Tapi karena mengasihi Tuhan, kita mau menyangkal diri dan bayar harga.

4. TAAT, TUNDUK DAN HORMAT PADA OTORITAS PIMPINAN; taat menunjukkan pada sikap dan perbuatan kita. Tunduk menunjukkan pada sikap hati. Urapan mengalir turun dari atas ke bawah, bukan dari bawah ke atas. . Dia bisa menempati posisi diatas kita, artinya dia punya kemampuan lebih besar daripada kita. Saat kita memilih untuk tidak menghormati pimpinan, maka urapan/berkat itu terhalang karena salurannya tertutup. Siapapun pimpinan kita, walaupun usianya jauh dibawah kita, karena dia pimpinan kita tetap harus kita hormati dan hargai. Tuhan mengalirkan berkat dari pimpinan turun ke anak buah, dari orang tua turun kepada anak-anak. dari pendeta/penatua/gembala, turun ke jemaat, seorang suami dia adalah kepala rumah tangga sekaligus imam, gembala dan nabi bagi keluarganya,
Contoh: seorang pimpinan menyuruh untuk membunuh, anda boleh tidak taat tapi di hati, anda harus tetap tunduk dan menghargai beliau sebagai pimpinan anda. Bila anda sudah bersikap melecehkan, walaupun itu di dalam hati, artinya anda sudah melecehkan Tuhan.

5. SIAP SEDIA KAPANPUN DAN DIMANAPUN DITUGASKAN; seorang prajurit sejati, dia tidak pernah bertanya mau ditugaskan dimana, apakah tempat tidurnya empuk atau tidak, apakah tempat ber AC atau tidak. Dia hanya tahu, bahwa dia harus siap dalam kondisi apapun. Demikian pula dengan hidup ke-kristen-an, anda dan saya harus siap saat Tuhan menyuruh kunjungan, mendoakan orang sakit, melayani, etc. Walaupun itu di belakang layer dan kelihatan kecil di mata manusia, namun saat anda melakukannya dengan hati, pelayanan anda sungguh berharga di mata Tuhan. Apapun pelayanan anda, apapun tugas yang dipercayakan kepada anda, saat anda melakukannya dengan sepenuh hati seperti untuk Tuhan, Tuhan sangat menghargainya. Karena anda melakukannya bukan untuk dipujj manusia tapi untuk kemuliaan Tuhan.

6.SOLIDARITAS TINGGI ANTAR SESAMA PRAJURIT; dalam sebuah film perang digambarkan kesetiaan seorang komandan terhadap prajuritnya. Markas besar mereka yang berada di padang gurun diserbu oleh musuh. Team mereka tidak banyak hanya segelintir orang, namun memiliki semangat juang untuk tetap mempertahankan markas besar mereka. Hingga akhirnya hanya tersisa seorang prajurit dan komandan yang sama-sama terluka parah. Saat tertangkap dan hendak ditembak prajurit ini, sang komandan membelanya dan minta dirinya lah yang dibunuh, karena prajurit ini memiliki keluarga yang menantinya, sedangkan dirinya tidak. Saat komandan musuh, melihat kesetiaan dan keteguhan hati komandan ini, akhirnya mereka dibebaskan.
Anda dan saya adalah prajurit-prajurit Tuhan, yang ditempatkan di muka bumi ini. Anda dan saya memiliki tanggungjawab yang sama untuk membebaskan para tawanan dan memberitakan tahun rahmat Tuhan. Apa yang dirasakan oleh saudara kita, kita pun turut merasakannya juga. “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”

7. TEAM WORK, Kritus adalah kepala dan kita adalah tubuh KRISTUS. Setiap orang memiliki talenta dan karunia yang berbeda. Perbedaan-perbedaan ini, janganlah menjadi jurang pemisah tapi biarlah perbedaan ini makin mempersatukan tubuh Kristus untuk mewujudkan kerajaan ALLAH di muka bumi ini. Tangan tidak dapat berdiri sendiri, dia butuh mata untuk melihat, kaki tidak dapat berdiri sendiri., dia butuh mulut untuk makan. Kita pun demikian tidak dapat hidup sendiri, butuh saudara seiman untuk menopang kita dan untuk saling memperlengkapi. GALATIA 6, EFESUS 4:1-16

8. TEGUH MEMEGANG PRINSIP, dalam ketentaraan dikenal dengan nama
SAPTA MARGA. Dalam ke-Kristen-an prinsip kebenaran kita adalah FIRMAN TUHAN. Lakukan semua yang sudah Tuhan perintahkan di dalamnya, MENJADI ORANG YANG BERINTEGRITAS. Menjadi orang yang memegang teguh prinsip kebenaran FirmanTuhan. MENJADI ORANG YANG RADIKAL DI DALAM TUHAN. Bukan hanya menjadi pengunjung di hari minggu, tapi MENJADI PELAKU-PELAKU FIRMAN !

9. TAHU TUGAS DAN WEWENANG; mengenali setiap potensi yang ada didalam diri masing-masing. Bila anda dipercaya menjadi usher, tunaikan dengan baik, bila anda menjadi ketua carecell lakukanlah yang terbaik. Berfikirlah untuk menghasilkan yang terbaik di departemen di mana anda berada.

10. TIDAK MENGENAL LELAH; GALATIA 6:10;” Jangan kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.”

11. DI MANAPUN BERADA MEMBAWA DAMPAK POSITIF; kita adalah anak-anak terang, terang menyingkirkan kegelapan. Dimanapun kita berada senantiasa menjadi berkat, kehadiran kita sangat dinanti-nantikan orang. Saat berada di dekat kita, orang-orang dapat merasakan kasih ALLAH itu nyata dalam hidup kita, jangan sampai kehadiran kita menjadi cibiran orang, karena kelakuan yang tidak sepadan dengan predikat ke-Kristen-an yang kita sandang.

12. HIDUP SEDERHANA; Saat kita diberkati berlimpah secara materi, itu semua bukan milik kita, tapi milik Tuhan. Tuhan menjadikan kita saluran berkat, untuk mengalirkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Tuhan memakai tangan, hati, pikiran, kaki kita untuk menjangkau orang-orang di sekitar kita. Bila kita hanya focus pada diri sendiri, akibatnya kita akan menjadi orang egois dan hidup terpisah dari tubuh KRISTUS.
Hidup sederhana bukan berarti tidak boleh makan di resto, shopping atau traveling, tapi lebih mengarah kepada hidup yang penuh ucapan syukur, mencukupi diri dengan apa yang ada. Tidak ngoyo mengejar kekayaan dunia dan kesenangannya dengan menghalalkan segala macam cara, akibat mengejar kesenangan dunia adalah maut, kematian kekal.

Ayo prajurit-prajurit ALLAH, berdirilah teguh, kenakanlah seluruh perlengkapan senjata ALLAH. Jangan lengah karena musuh selalu mengintai. Tingkatkan kualitas diri anda dan jadilah prajurit sejati yang tidak memikirkan hanya kepentingan sendiri tapi lebih mengutamakan orang lain.

U UR EXCELLENT !! (lies)

Tidak ada komentar: