Sabtu, April 19, 2008

PERHIASAN WANITA

Written by : liesye herlyna

I petrus 3:3-4, "Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah, tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah."

Wanita sering kali diidentikan dengan kecantikan, kemewahan, atau segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan.

Kenapa ya? 
Biasanya kami suka bergurau dengan mengatakan wanita diciptakan terakhir setelah Adam, dan biasanya yang terakhir adalah yang terbaik. Wanita adalah hasil akhir dari sebuah proses penciptaan Tuhan. Karenanya wajar bila wanita menginginkan itu semua.

Betul tidak sih statement diatas? 
Kalau dipikir-pikir mungkin betul juga. Wanita identik dengan kehalusan, kelembutan, butuh dilindungi, hatinya peka, suka akan ketenangan, bahasa yang santun,tekun, sabar dan semua pekerjaan yang ngejlimet dan butuh konsentrasi biasanya dilakukan oleh wanita. Contohnya sekretaris, lebih banyak ditangani wanita daripada pria. Kecenderungan wanita adalah menginginkan segala sesuai berjalan baik, indah dan sempurna. Memang wajar, bila wanita menginginkan itu tapi janganlah menjadi patokan bahwa semua harus dia miliki dengan mengabaikan jati diri yang sesungguhnya.


2 Macam kecantikan yang harus dimiliki wanita:
1. KECANTIKAN LAHIRIAH
Kecantikan lahiriah bukan hanya dilihat dari hidung mancung, rambut panjang, body semapai, putih, pakai baju bermerk, keluar masuk salon, pokoknya sempurna deh. Tapi dari:

· Rambut, rambut adalah mahkota wanita. Mau panjang atau pendek, ikal atau lurus, diwarnai atau tidak, rawatlah dengan baik. Cucilah dengan teratur, potonglah beberapa bulan sekali untuk merawat pertumbuhannya. Kebayangkan kalo kita melihat wanita menarik, semuanya sudah ok, tapi pas lihat rambutnya demek berminyak. Iiih, langsung illfeel deh.

· Cara berpakaian, harus rapi, bersih, tidak harus mahal, tapi enak dipandang dan tahu tempat. Jangan baju yang masih ditumpukan belum di setrika langsung disambar dan dipakai. Ke gereja tidak mungkin kita pakai baju pesta ( kecuali ada saudara yang menikah dan diberkati di gereja), ke tempat olahraga pakai hak tinggi, etc. Atau baju ABG sekarang yang kekurangan bahan, super ketat dan super pendek, sampai lekuk-lekuk tubuhnya dan puser/bokongnya terlihat. 

Membuat kaum Adam berdecak bukan penuh kekaguman tapi penuh ngiler. Kelemahan pria ada pada perut dan mata, jadi begitu mereka melihat wanita yang pakaiannya sexy langsung deh…. sinyal-sinyal di seluruh tubuhnya memberikan alarm. TENG TONG….TENG TONG…… masuk kepikiran, dari pikiran masuk ke hati dan dipikirkannya akhirnya …….. . Kaum Adam pun manusia punya rasa punya hati. Bantulah kaum Adam ini, melalui cara berpakaian anda.

· Kebersihan badan, mandilah dengan teratur 2x sehari, jangan lupa gosok gigi supaya tidak bau naga. Ketiak harus dibersihkan, pakailah deodorant bila kita tipe orang aktif dan punya keringat yang berlebihan. Seperti iklan yang di tv, wanita itu naik trem dengan baju lengan buntung, memberi senyum pada pria tampan di sebelahnya dan saat tangannya bergelantungan ups….. BB (bau badan red) 

· Berat badan, jangan biarkan obesitas menguasai kita. Karena akan mendatangkan berbagai macam penyakit seperti diabetes, asam urat, darah tinggi, dan penyakit-penyakit lainnya. Saya pun termasuk orang yang obesitas dan diimbangi dengan pola makan teratur, mengurangi junk food dan jeroan.

· Olahraga, walaupun obesitas asal diimbangi dengan olah raga teratur tidak akan menyebabkan penyakit. Yang berbahaya adalah bila sudah gemuk, banyak makan yang berkalori tinggi dan malas olahraga. WAH, gawat !!!!!

· Kesehatan kulit, terutama untuk yang sering berada di ruangan ber AC harus gunakan lotion. AC dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit dan jangka panjang akan mengakibatkan kekeringan, kulit pecah-pecah dan bersisik.

· Makeup, untuk aktivitas sehari-hari kenakan makeup yang sewajarnya jangan semua warna warni pelangi kita kenakan di wajah kita. Bukan kecantikan lagi yang kita dapatkan tapi wajah monsterlah yang kita dapatkan. Untuk malam kenakan, satu tingkat lebih tua, ke pesta lebih glamour lagi. Kecuali bila anda hendak fashion show, penggunaan semua warna sangat-sangat diizinkan.

· Asesories, bagian yang tidak terpisahkan dari wanita seperti make up. kenakanlah sewajarnya, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bahkan akan mengundang kejahatan. Misal anda naik turun kendaraan umum dengan perhiasan emas mencolok. Wah,itu sih namanya sudah menyerahkan nyawa hidup-hidup.

Wanita memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menarik membuat para pria bertekuk lutut dihadapannya. Karena itu kenapa Tuhan katakan supaya para wanita tidak hanya memamerkan kecantikannya melalui penampilan lahiriah saja tapi melalui hati yang lemah lembut dan tenteram.


2. KECANTIKAN BATINIAH Penampilan batiniah sangat menunjang penampilan lahiriah, inilah yang dinamakan inner beauty. Selain menjaga kecantikan lahiriah, Hati yang lemah lembut adalah hati yang mau ditegur, siap menerima pengajaran, tidak sombong/arogan, baik hati,sabar, etc. Hati yang lemah lembut pasti juga rendah hati, menganggap orang lain lebih dari dirinya sendiri. Lemah lembut berbeda dengan lemot (lelet) dan kemayu. Orang yang lemot/kemayu mungkin saja keras kepala alias susah diatur. Lemah lembut menunjukkan pada sikap hati. 

Matius 5:5, “Berbahagialah orang yang lemah lembut karena mereka akan memiliki bumi."
Amsal 16:32, “Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.”

Amsal 15:1, “, Tetapi jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman perkataan yang pedas membangkitkan marah.”

1 TES 2:7, “Tetapi kami berlaku ramah terhadap kamu.”

Dengan kelembutan, kita dapat menuntun dan menyadarkan orang-orang untuk berbalik dari jalannya yang salah. Bahkan saat menyampaikan topik-topik yang sulit dan sensitive dpt diterima dengan baik. Kelembutan mampu mencairkan batu karang yang keras.

Hati yang tentram adalah hati yang tenang, tidak grasak-grusuk, dapat mengendalikan diri, selalu mencari perdamaian. Orang yang dapat mengendalikan diri adalah orang yang hebat artinya dia dapat memimpin dirinya sendiri, tahu bagaimana harus bertindak dalam situasi dan kondisi yang berbeda. Orang yang dapat memimpin dirinya sendiri, otomatis dapat memimpin orang lain dan menjadi pemimpin yang hebat.

AMSAL 16:32, ”Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.”

Tuhan sangat menghargai hati yanang lemah lembut dan tentram, karena orang-orang yang seperti inilah yang akan menerima hikmah ALLAH. Hikmat tertinggi hanya bisa didapatkan saat kita merendahkan diri kita dan menerima kebenaran Firman Tuhan dengan lemah lembut. Kelembutan mampu mencairkan batu karang yang sedemikian kerasnya, mampu mengubahkan dari yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Anda mungkin pernah melihat seorang wanita, yang dari segi penampilan biasa-biasa saja, tapi kita merasakan ada suatu karisma/aura yang terpancar melalui dirinya, seakan-akan akan magnet yang menarik kita ke dalamnya. Terlebih saat diajak berbicara, kita merasakan ketenangan, keyakinan dan keteguhan hatinya. Saya yakin anda akan memberikan nilai plus bagi orang ini.
Atau mungkin pernah bertemu dengan wanita yang sangat cantik, penampilan up to date, tapi saat berbicara dia mengeluarkan kata-kata kotor dengan sumpah serapah, egois, tidak sabaran, Nilai berapa yang akan anda berikan pada wanita ini ?

Setiap orang di dalam Tuhan adalah ciptaan baru, sempurna. Karena nya kenapa Tuhan melatih karakter kita, supaya apa yang dari dalam bisa melengkapi apa yang dari luar. Bukan hanya melengkapi tapi juga mempengaruhi apa yang ada di luar. Anda mungkin berkata ”Aku tidak cantik”, “Aku punya cacat “, “Aku orang miskin”. Ok lah, secara dunia penampilan anda kurang, tapi bila anda memiliki karakter kuat kuat, memiliki inner beuty, maka kekurangan itu akan tertutupi.

Orang-orang akan memberikan hormat kepada anda, sebagai seorang wanita yang patut dihargai dan dihormati.

Tapi coba anda bayangkan, sudah punya kekurangan, ditambah dengan sikap anda yang arogan, minder, apatis, apakah bisa menaikkan nilai diri anda ?
Naikkanlah nilai diri anda, bukan dengan kecantikan lahiriah saja tapi juga dengan kecantikan batiniah. Inilah harta kekal yang tidak usang dimakan ngengat.

TUHAN memberkati ! (lies-19042008)

Tidak ada komentar: