Rabu, April 30, 2008

4 BELENGGU MENTALITAS

Written by: liesye herlyna

Begitu banyak orang Kristen yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah merdeka sepenuhnya. Hidupnya masih dikuasai oleh belenggu dosa,hidup dalam keterpurukan, hidup dalam kemiskinan, hidup dalam aturan-aturan dunia, filsafat kosong. Yang lebih parah menjadikan kekristenan hanya sebagai kedok untuk membenarkan perbuatan jahatnya.

Hai saudaraku, sadarilah bahwa hidupmu sudah dibayar mahal dengan kematian YESUS diatas kayu salib. Engkau sudah ditebus dan dibebaskan dari semua belenggu yang menguasai hidupmu. ENGKAU MERDEKA ! Engkau bukan lagi seorang tawanan, tapi adalah ANAK ALLAH.

Engkau sekarang menjadi miliki kepunyaan ALLAH dan apa yang BAPA punya itu adalah milikmu juga. Termasuk kuasa, kasih, mujizat, kesembuhan, berkat, urapan, damai sejatera dan lainnya.

Buang mentalitas tawanan:
1. PERKATAAN TIDAK BISA
Saat di gereja atau di tempat carecell (persekutuan) diberi kepercayaan untuk pimpin pujian atau doa, kunjungan, atau jadi usher langsung menjawab tidak bisa. Dengan berbagai alasan rohani “itu bukan talenta saya” “ saya tidak bisa nyanyi” “saya tidak bisa doa” dan segudang alasan lain. Tuhan katakan setialah dalam perkara kecil maka aku akan memberikan perkara yang lebih besar lagi kepadamu.

Bagaimana mungkin Tuhan akan membawa kita kepada level yang lebih tinggi, bila di level bawah pun kita tidak mau melakukannya. Bagaimana mungkin kita berkata Tuhan pakailah aku bila dalam hal melayani sesamapun kita sudah tidak mau. Mulailah dalam perkara-perkara kecil, tanamkan dalam pikiran “SAYA BISA” terus menerus setia saat.


2. KETERBATASAN FISIK/KEADAAN
Seringkali manusia menggunakan keterbatasan fisik menjadi senjata untuk dikasihani orang atau menjalankan suatu penugasan. Banyak kita jumpai di stopan-stopan anjal dan pengemis yang menggunakan keterbatasan fisik untuk meminta-minta.

Parahnya lagi hal ini juga melanda jemaat Tuhan, yang meminta-minta kepada gereja untuk diberi diakonia. Bila terus menerus diberi, secara tidak langsung gereja mendidik mereka memiliki mental pengemis. KAIL LAH YANG HARUS KITA BERIKAN BUKAN IKAN!

Ada orang berkata hidup saya memang miskin dari sejak leluhur saya memang keturunan miskin, saya memang bodoh, saya memang cacat tidak punya tangan jadi berhak untuk dikasihani, memang dari keluarga broken home jadi seperti ini, etc.

Seseorang yang bernama NICK FUJISTIC sejak lahir tidak mempunyai lengan dan kaki, sempat mengasihani diri sendiri hingga akhirnya mengalami perjumpaan pribadi bersama YESUS. Hingga hidupnya diubahkan dan seorang motivator yang luar biasa. Nick berkata, “ Aku yang mempunyai keterbatasan fisik dapat dipakai secara luar biasa oleh Tuhan, apalagi anda.” Syaratnya hanya satu, serahkan keterbatasanmu kepada Tuhan maka DIA akan memperlengkapi engkau. 

Filipi 4:19, "Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaaNYA dalam Kristus YESUS.”


3. MINDER
Rendah diri identik dengan minder, tapi merendahkan diri artinya rendah hati tidak sombong. Jadi rendah diri berbeda dengan merendahkan diri.

Orang yang rendah diri adalah orang yang tidak punya percaya diri dan merasa tidak layak Merasa diri seperti belalang (kisah 10 pengintai BIL 13:27-33). Misal saat berada dalam kumpulan orang-orang banyak merasa diri kecil dan tidak pantas untuk berada di tengah mereka, tidak berani memperkenalkan diri, tidak berani menyapa orang lebih dulu, tidak berani menatap lawan bicara, kalau di gereja datang terlambat, memilih duduk paling belakang, paling pojok dan sebelum doa berkat sudah kabur duluan. Itu salah satu contoh sikap minder.

Keberadaan kita bukan ditentukan dari apa kata;
a. diri sendiri (aku memang gemuk, aku memang jelek, aku juling)
b. kata orang (potongan rambut kamu harus begini, cara berpakaian kamu harus begini, cara jalan kamu harus begini baru kamu diterima)
c. kata dunia (wanita cantik adalah yang kulit putih, tinggi semampai, rambut panjang, pria perkasa adalah yang otot-ototnya seperti ADE RAI), harus punya jabatan tinggi baru dihargai, harus punya harta melimpah, harus naik mobil mewah, etc.
d. kata iblis (kamu memang orang gagal, kamu memang dilahirkan dari keluarga broken home, kamu pecundang, kamu orang berdosa dan tidak layak menjadi anak ALLAH)

Hidup kita tidak ditentukan oleh faktor-faktor di atas tapi karena kita SUDAH diterima se UTUH nya dan menjadi milik kepunyaan ALLAH. Engkau sungguh berharga di mata Tuhan karena engkau biji mata NYA, KEKASIH HATINYA.


4. RASA NYAMAN
Penyakit yang dari dalam menggerogoti kehidupan setiap anak Tuhan. Membuat mereka tidak dapat memaximalkan setiap potensi yang dimiliki. Saya sudah cukup seperti ini dengan keluarga yang bahagia, pekerjaan yang mapan, anak-anak yang pintar, usaha saya lancar-lancar saja toh Tuhan tetap memberkati. Untuk apa saya ikut doa di gereja, untuk apa saya ikut pelayanan di gereja hari minggu saja sudah cukup, untuk apa saya ikut pelayanan misi buang-buang uang dan tenaga.

Yang namanya kehidupan ada suatu pertumbuhan dan perubahan. Contohnya sebuah benih akan tumbuh menjadi sebatang pohon dan berbuah an menghasilkan bibit-bibit yang baru. Demikian juga hidup kita harus mengalami terobosan-terobosan dalam berbagai bidang. Keluar dari zona nyaman dan alami perkara-perkara yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Orang yang hidup dalam zona nyaman adalah orang yang tidak menghargai kasih karunia Allah dalam hidupnya.

Saya yakin dan teramat yakin, Tuhan menciptakan kita bukan hanya untuk hidup nyaman beranak cucu dan bertambah banyak. Tapi untuk melakukan misi pentingNYA yaitu MEMBAWA KERAJAAN ALLAH DI MUKA BUMI INI!

Selama kita hidup dalam mentalitas itu, kita TIDAK akan pernah melihat rencana Tuhan terjadi atas hidup kita.Kita hanya akan jadi penonton yang melihat orang lain melakukan perkara mujizat dan hidupnya hanya dipenuhi oleh rasa mengasihani diri sendiri, lama-lama menjadi iri hati, menyalahkan Tuhan dengan berkata bahwa TUHAN tidak bersikap adil, hingga akhirnya mundur.


Untuk mengalami kebangkitan:
1. Berdamailah dengan dirimu sendiri.
2. Berdamailah dengan Tuhan.
3. Terima dengan iman bahwa engkau sangat dikasihi oleh Tuhan dan berhak menerima semua janji Tuhan. TIDAK ADA YANG TERKECUALI !
4. Menyadari tugas dan misi di bumi untuk membawa KERAJAAN ALLAH
5. LAKUKAN!! ini adalah tindakan iman


AYO BANGKIT JANGAN BIARKAN KEADAAN MENGUASAI DIRIMU TAPI KUASAILAH KEADAAN. JADILAH SEORANG PEMENANG BUKAN PECUNDANG


TUHAN memberkati! (lies - 30042008)

Tidak ada komentar: