Selasa, Maret 17, 2009

KASIH KARUNIA KU CUKUP BAGIMU


Written : liesye herlyna 


2 KORINTUS 9:8, “Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.”

9:8, “And God is able to give you more than you need, so that you will always have all you need for yourselves and more than enough for every good cause.” (ENGLISH TODAY) Dan ALLAH sanggup memberikan lebih dari yang kamu butuhkan, karenanya kamu akan selalu memiliki semua yang kamu butuhkan bagi dirimu sendiri dan lebih dari cukup untuk semua hal yang baik.”  

9:8, “God can bless you with everything you need, and you will always have more than enough to do all kinds of good things for others.” (CONTEMPORARY ENGLISH) “ALLAH sanggup memberkati kamu dengan segala yang kamu butuhkan dan kamu akan selalu memiliki lebih dari cukup untuk melakukan semua perbuatan baik bagi orang lain.” 

Pagi-pagi sekali seorang rekan mengirimkan ayat di atas dan FIRMAN itu sungguh menyejukkan hati dan menyadarkan saya bahwa tanpa DIA, tanpa hidup di dalam NYA, saya tidak bisa berbuat apa-apa. Hanya kasih karunia TUHAN lah yang sanggup membuat kita mampu menghadapi gelombang kehidupan ini. 

Yang namanya manusia, tidak pernah lepas dari masalah. Masalah pasti datang kepada manusia, bisa karena perbuatan sendiri atau atas seizin TUHAN. Mari kita intropeksi diri, kebanyakan dari kita terlibat masalah karena akibat perbuatan diri sendiri atau karena TUHAN. Saya yakin, sebagian besar akan menjawab karena perbuatan sendiri, karena kedagingan kita yang menyebabkan masalah terjadi. 

Orang bisa terlibat hutang, sebagian besar karena serakah ingin memenuhi semua keinginannya tanpa memikirkan besarnya pendapatan yang diterima “besar pasak daripada tiang”. Orang bisa terlibat perkelahian bermula dari bercanda yang kelewatan, saling ejek, saling menyerang pribadi satu sama lain, cari dukungan pada pihak ketiga dan akibatnya terlibat perkelahiran. Padahal mungkin akar permasalahannya sederhana. Tapi karena masing-masing pihak egois dan mementingkan diri sendiri akibatnya hal yang seperti itulah yang terjadi. 

LEBIH DARI CUKUP


Firman TUHAN katakan kasih karunia NYA lebih dari cukup untuk memenuhi segala kebutuhan kita dan juga untuk melakukan perbagai perbuatan baik bagi orang lain (terjemahan contemporary).

Artinya apa ?
Artinya: segala sesuatu sudah TUHAN berikan pada kita dan ada dalam diri kita, baik itu kehidupan, kasih, kuasa, pengampunan, kesembuhan, sukacita, iman, hikmat, etc. Karena YESUS tinggal di dalam diri kita. Seluruh kepenuhan ALLAH ada di dalam YESUS, seluruh karakter KRISTUS ada di dalam YESUS. Karena itu setiap orang yang menerima YESUS sebagai TUHAN dan JURU SELAMAT akan memiliki segala karakter KRISTUS itu. 

Saat kita lahir baru, terjadi pertukaran dalam kehidupan kita. Yang lama sudah berlalu dan yang baru sudah datang. Segala karakter lama kita telah mati dan digantikan dengan karakter KRISTUS. Jadi bila kita telah menerima keselamatan itu dan sikap hidup kita masih tetap yang lama, patut kita interopeksi diri.

“Apakah aku sudah benar-benar mati terhadap dosa atau masih hidup di dalam dosa ?” “Apakah aku sudah benar-benar menerima keselamatan itu atau hanya sekedar pengetahuan belaka ?”  

Ada perbedaan yang sangat mencolok saat seorang telah lahir baru. Hari demi hari, pengenalan akan KRISTUS semakin bertambah dan ada perubahan nyata dalam kehidupannya. Kalau dulu suka marah-marah, suka menipu, suka memanfaatkan orang lain, etc. Setelah bertobat menjadi orang yang berubah 180’. Dan yang membuat orang itu mampu untuk berubah bukan karena kekuatan dari diri sendiri tapi karena ROH ALLAH yang berdiam di dalam dirinya yang memampukannya melakukan perbuatan baik.  

KASIH KARUNIA
Kasih karunia artinya: kita tidak layak untuk menerima tapi kita dilayakkan untuk menerimanya. Kita adalah orang-orang berdosa dan pantas masuk neraka, tapi karena kasih karunia ALLAH kepada kita, kita dilayakkan menerima keselamatan itu.

Kita dilayakkan TUHAN untuk melayani DIA bukan karena kehebatan kita, bukan karena kepintaran kita, bukan karena kemampuan kita, bukan pula karena kekayaan kita. Jadi tidak ada dasar untuk kita bermegah diri dan menyombongkan diri saat berbuat baik. Semua adalah karena anugerah. 

DALAM SEGALA SESUATU
Kedewasaan seseorang dapat dilihat dari sikap dan cara dia menangani suatu masalah. Anda mungkin pernah melihat anggota dewan yang saling memaki dan gontok-gontokan saat rapat dewan. Bukankah ini seperti sifat anak-anak yang selalu ingin didengar dan ingin dituruti keinginannya. Anak-anak belum mengerti arti berbagi, belum mengerti arti menghargai orang lain, etc. Jadi bila anda mengaku sudah dewasa tapi kelakuan masih seperti anak-anak yang harus selalu didengar dan dituruti, anda adalah anak-anak dalam tubuh orang dewasa.

Segala sesuatu berbicara mengenai segala situasi, entah itu situasi baik maupun buruk. Baik saat kita menghadapi suami selingkuh, tekanan di tempat kerja, pemutusan kerja, diperlakukan tidak adil, pelecehan harga diri, etc. Apapun itu, ALLAH telah memberikan kemampuan pada kita untuk menghadapinya dan menang.

Saat kita menyerahkan kekurangan, kelemahan dan keterbatasan kita pada TUHAN. Saat itulah kuasa TUHAN bekerja secara luar biasa dalam kita.


Yang seringkali menghambat kasih karunia TUHAN adalah manusia itu sendiri. Karena manusia cenderung menggunakan standarnya untuk menilai kasih TUHAN. TUHAN mengasihi saya bila TUHAN melalukan A,B,C pada saya. Dan TUHAN tidak mengasihi saya bila tidak memenuhinya. Itulah yang mengakibatkan kuasa TUHAN tidak pernah nyata dalam kehidupan kita.  

BERUBAHLAH dan UBAH PARADIGMA anda yang salah mengenai TUHAN. Serahkan segala beban masalahmu kepadaNYA. Karena DIA, ALLAH yang sanggup memenuhi segala kebutuhanmu dan bahkan melebihinya. 


TUHAN memberkati ! (lies)

Tidak ada komentar: