Minggu, November 07, 2010

WALDORF-ASTORIA HOTEL

Di sebuah kota PHILADELPHIA, sepasang suami istri yang sudah tua mencoba masuk ke sebuah lobby hotel kecil  untuk mencari tempat berteduh dari hujan badai yang tengah melanda daerah itu. Lelaki tua itu  mendekati meja  resepsionis dan bertanya, “Apakah masih ada kamar?"

Seorang pria muda dengan ramah menjawab, “Maaf pak, tidak ada kamar kosong, semuanya sudah fullbooked karena ada 3 acara besar yang diselenggarakan di kota kami.” Lelaki tua itu merasa bingung, mau kemana lagi hendak mencari hotel di tengah malam seperti ini. Ketika hendak membalikkan badan, ia mendengar, pria muda itu berkata, “Bila bapak dan ibu tidak keberatan, silakan tidur di kamar saya. Memang tidak terlalu bagus tapi saya rasa cukup nyaman untuk anda beristirahat,yaa… setidaknya untuk malam ini.”

Suami istri ini terdiam. Melihat keragu-raguan yang terpancar dari wajah mereka, sang pria muda berkata, "Pak, jangan kuatir dimana saya akan tidur, saya bisa ikut menumpang di kamar teman. Yang terpenting adalah anda berdua bisa beristirahat malam ini dan tidak keluyuran di tengah hujan badai.” Akhirnya suami istri ini menyetujuinya.

Keesokan harinya, ketika lelaki tua itu hendak memberikan sejumlah uang, pria muda itu menolaknya dan berkata bahwa dia melakukan ini tulus dan tanpa pamrih. Mendengar perkataan sang pemuda, lelaki tua itu  berdecak penuh kekaguman. Seraya menepuk-nepuk pundak sang pemuda, dia berkata, "Sekalipun anda karyawan di tempat ini, sikap anda begitu professional tak ubahnya seperti seorang manager. Seharusnya anda menjadi manager hotel terbaik di AMERIKA. Mungkin suatu hari saya akan mendirikan sebuah hotel untuk anda." Mendengar hal ini, sang pria muda tersenyum dan berterima kasih atas pujian yang diberikan oleh suami istri itu. 

Di sepanjang perjalanan, suami istri ini tak habis-habisnya membahas sikap pemuda tersebut dan mereka sepakat bahwa sikap bersahabat dan suka menolong adalah barang langka di zaman seperti ini dan mereka sangat bersyukur bisa bertemu dengan pemuda ini.  

Dua tahun berlalu dan sang pemuda sudah melupakan peristiwa itu. Hingga suatu hari ia menerima sepucuk surat yang berisi tiket pulang pergi ke NEW YORK dan meminta agar pemuda itu mengunjungi pasangan suami istri yang tempo hari ditolong olehnya. Setengah kegirangan, lelaki tua itu segera mengajaknya ke sudut FIFTH AVENUE  and 34th STREET dan menunjuk sebuah gedung baru yang megah layaknya istana yang mengkilap kemerahan dan menjulang ke langit.  

"Lihat! Itu adalah hotel yang aku bangun untukmu dan aku ingin engkau yang mengelolanya.  

"Ah..bapak pasti bercanda” jawab pemuda itu setengah tidak percaya. 

“Tidak nak, saya sengaja membangunnya untukmu. Karena engkau telah menunjukkan sifat yang luhur yang tidak dimiliki oleh banyak orang. Terimalah pemberian ini, sebagai ucapan terima kasih kami atas pertolonganmu tempo hari”jawab lelaki tua itu dengan senyum lebar mencerminkan kepuasannya. 

Tahukah anda siapa lelaki tua itu? Namanya adalah WILLIAM WALDORF ASTOR yang mendirikan WALDORF-ASTORIA HOTEL dan pemuda yang menjadi manager di tempat itu bernama GEORGE C BOLDT. Pelayan muda ini tidak akan pernah melupakan kejadian yang membawa dia untuk menjadi manager dari salah satu jaringan hotel paling bergengsi di dunia.


MORAL: Ketika kita menolong orang yang lemah dan tidak berdaya, itu artinya kita telah melakukan tindakan kasih. 


With a warm love from GOD! (lyn-25102010)

visit http://myjourney-hliesye.blogspot.com

Tidak ada komentar: