Selasa, Juli 15, 2008

HAL BERDOA (part 2)


Written by : liesye herlyna

Sejak awal penciptaan, Tuhan sudah membuat rancangan akan seperti apa ciptaannya di alam semesta ini, baik itu alam semesta, binatang, benda-benda langit, manusia, pepohonan, danau, gunung-gunung, etc. Semuanya adalah indah dan sempurna, tidak ada yang gagal atau coba-coba.

Anda dan saya membawa mandat agung, untuk berkuasa dan memerintah atas bumi ini. Salah satu kunci untuk memindahkan kuasa dari alam yang tidak kelihatan menjadi nyata adalah dengan doa. Saat anda meminta kesembuhan, kesembuhan itu sudah ada dalam diri ALLAH dan saat anda memintanya dengan iman, anda sedang memindahkannya pada alam nyata. DOA bukanlah meminta dari sesuatu yang tidak ada menjadi ada, tapi memindahkan dari apa yang tidak kelihatan oleh kasat mata menjadi nyata (dapat dilihat, dirasakan), ada pengaruh dan memberi dampak.


DASAR BERDOA
YEREMIA 29:11-14,

29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
29:12 Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu;
29:13 apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati,
29:14 Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan memulihkan keadaanmu dan akan mengumpulkan kamu dari antara segala bangsa dan dari segala tempat ke mana kamu telah Kuceraiberaikan, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan mengembalikan kamu ke tempat yang dari mana Aku telah membuang kamu. 

1. RANCANGAN TUHAN
Anda mungkin berkata, “ Kalau Tuhan mengasihi aku, kenapa aku harus mengalami nasib seperti ini ? Tuhan tidak adil. Orang yang tidak kenal Tuhan saja bisa hidup mewah, sedangkan aku yang rajin ke gereja, rajin doa, rajin pelayanan koq tidak ada perubahan bertahun- tahun.” 

Seringkali, kita tidak tahu atau tidak mau tahu kenapa hal itu terjadi pada kita, seringkali kita menggunakan standar manusia untuk menilai ALLAH dan menyangka bahwa ALLAH mengasihi kita bila memenuhi semua keinginan kita. Dan ALLAH tidak mengasihi kita, bila tidak memenuhi semua keinginan kita. ITU ADALAH PEMIKIRAN YANG SALAH !!

Pantas saja, doa kita tidak pernah dikabulkan oleh Tuhan, karena kita terlalu disibukkan dengan berbagai macam kepentingan diri sendiri, dan memaksa Tuhan untuk memenuhinya.
Tuhan tidak pernah merancangkan masa depan yang buruk bagi anak-anakNYA, tapi masa depan yang penuh harapan di dalam kekuatan kuasaNYA. “Di dalam kekuatan” mengandung makna “tinggal di dalam TUHAN”, hanya orang-orang yang tinggal di dalam Tuhan yang akan menerima apa yang diminta-NYA. Saat kita berdoa (berdoa dengan benar) sedang menyelaraskan antara keinginan hati kita dengan Tuhan.

Di part 1, kita sudah belajar bahwa DOA adalah dialog antara manusia dengan ALLAH, ada komunikasi 2 arah. Dalam doa Tuhan, menyampaikan kepada kita apa yang menjadi kerinduanNYA dan itu menjadi kerinduan kita. Saat Tuhan menaruhkan belas kasihan untuk jiwa-jiwa, itu menjadi kerinduan kita untuk banyak jiwa di menangkan atas namaNYA, saat Tuhan menaruh belas kasihan untuk membebaskan orang –orang yang terikat okultisme, itu menjadi kerinduan kita untuk membebaskannya dalam nama YESUS. Tuhan pasti mengabulkan apapun yang kita minta, sepanjang untuk memuliakan nama TUHAN, bukan untuk memuaskan ego kita.


2. BERSERU
Ayub 35:13, “Sungguh, teriakan yang kosong tidak didengar Allah dan tidak dihiraukan oleh Yang Mahakuasa.”

Ada 2 macam tipe berseru:
a. Melampiaskan emosi/curahan hati kepada Tuhan;
Orang yang seperti ini datang pada Tuhan hanya untuk mengadu, mencurahkan isi hatinya pada Tuhan, setelah beres doa mengenakan kembali pola pikir lamanya. Menjadikan Tuhan sebagai tong sampah, hanya untuk melepaskan uneg-unegnya.

b.  Mencurahkan segenap hatinya kepada Tuhan
Kata “berseru” yang benar, bukan berarti berteriak-teriak sampai tidak ada suara. Makna berseru disini lebih bepada sikap hati yang “sungguh-sungguh” mengharapkan pertolongan dan percaya sumber pertolongan hanya dari Tuhan. Orang yang seperti ini percaya bahwa, pribadi yang dimintakan tolong sanggup untuk menjawab kebutuhannya dan memberikan jalan keluar


3. DATANG UNTUK BERDOA
Mazmur 42:5, “Inilah yang hendak kuingat, sementara jiwaku gundah gulana; bagaimana aku berjalan maju dalam kepadatan manusia, mendahului mereka melangkah ke rumah Allah dengan suara sorak-sorai dan nyanyian syukur, dalam keramaian orang-orang yang mengadakan perayaan.”

Banyak orang datang pada Tuhan hanya sekedar liturgy, kewajiban, sekedar rutinitas tanpa ada suatu hubungan intim yang dibangun. Akibatnya orang-orang tersebut tidak mengenal siapa ALLAH yang sesungguhnya. Sehingga saat masalah datang, mereka menjadi gamang, ketakutan dan lari mencari pertolongan kepada yang lain. Pemazmur katakan, saat dia mengalami masalah dan tekanan, dia cepat-cepat mencari pertolongan kepada Tuhan, bukan mengharapkan pertolongan kepada yang lain.

4. TUHAN AKAN MENDENGAR
Dosa adalah kejijikan bagi Tuhan, Dosa yang membuat manusia jauh dari Tuhan. Dosa yang membuat doa-doa anda tidak di dengar Tuhan. Bagaimana mungkin Tuhan, mau mendengar dan menolong anda, bila ada masih menyukai perbuatan jahat. DIA adalah SETIA tidak mungkin DIA mempersekutukan diriNYa dengan dosa. DOA anda mau di dengar Tuhan, hiduplah kudus !


5. MENCARI TUHAN
Lukas 8:10, “Lalu Ia menjawab: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti.”
Lukas 10:24, "Karena Aku berkata kepada kamu: Banyak nabi dan raja ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya."

Berapa banyak para ahli, professor, ahli kitab berusaha menelaah Firman TUHAN, mencoba menciptakan teori-teori, doktrin-doktrin dan dikemas sedemikian rupa dengan label inilah penjabaran Firman Tuhan. 

Bila anda perhatikan, Firman Tuhan banyak memakai kiasan-kiasan, perumpamaan-perumpamaan, makna-makna terselubung. Di sana terdapat lapisan-lapisan yang membungkusnya. Itu artinya Firman Tuhan tidak dapat dengan mudah dimengerti dan diterima oleh logika, butuh kuasa Roh KUDUS dan keseriusan kita untuk mencarinya. Firman Tuhan mengandung makna yang tersurat dan tersirat, saat anda membacanya, itu berarti anda sedang membuka lapisan pertama. Saat anda menyelaminya, anda sedang membukan lapisan kedua. Saat anda menyelaminya lagi, anda sedang masuk pada lapisan ke-3, dst. Sampai anda memasuki tingkat kerohanian tertinggi dan siap menjadi mempelai KRISTUS.

Firman Tuhan adalah perwujudan dari jati diri ALLAH sendiri, hanya ALLAH sendiri yang dapat menjabarkan diriNYA sendiri. Sampai kapanpun pikiran/logika manusia tidak akan dapat memahami ALLAH, karena DIA jauuuuuuuuuuhhhhhh melebihi ciptaanNYA. Siapakah manusia yang mampu menyaingi DIA ? Mencoba untuk memahami diriNYa dengan tingkat pengetahuan yang terbatas ?


6. MENEMUKAN TUHAN DENGAN SEGENAP HATI
Firman Tuhan adalah harta yang sangat berharga melebihi emas dan perak. Barang berharga tidak mudah untuk diketemukan, tersembunyi ditempat-tempat rahasia dan hanya orang yang serius yang dapat menemukannya. Demikian pula dengan Tuhan, saat anda serius untuk bertemu dengan ALLAH, ALLAH berkenan untuk ditemui. ALLAH, adalah pribadi yang terhormat, DIA menghargai anda dan memberikan kebebasan kepada anda untuk bertindak. 

ALLAH tidak akan tiba-tiba, mendatangi anda dan menolong anda bila anda tidak meminta pertolonganNYA (kecuali special kasus, contoh : PAULUS). Tapi saat anda mengambil sikap untuk datang kepadaNYA, tanpa menunggu lama ALLAH akan segera turun tangan menolong.


7. MEMULIHKAN, DIKUMPULKAN DAN DIKEMBALIKAN KE TEMPAT SEMULA
Ini adalah janji Tuhan, saat anda datang pada Tuhan disertai pertobatan dan hancur hati, maka Tuhan akan memulihkan keadaanmu melebihi keadaan semula, contoh: AYUB, HIZKIA, DAUD. Bukan hanya itu, Tuhan akan mengumpulkan dan mengembalikan anda ke tempat semula. Tuhan akan mempromosikan anda dengan caraNYA sehingga nama Tuhan dimuliakan.


PS:
- Tuhan sudah merancangkan masa depan yang indah bagi tiap-tiap anakNYA
- Datang pada Tuhan disertai dengan pertobatan dan hati yang hancur
- Carilah Tuhan dengan hati yang sungguh-sungguh
- Nantikanlah Tuhan, sesuai dengan waktuNYA

Tuhan memberkati ! (lies)

Tidak ada komentar: