Kamis, Mei 08, 2008

5 LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN IMAN

Written by: liesye herlyna

Orang yang mengaku Kristen tanpa dibarengi dengan perubahan hidupnya bukanlah Kristen sejati. Kristen sejati adalah orang yang mengalami perjumpaan pribadi bersama Kristus, hari demi hari hidupnya berubah seiring pengenalannya akan Tuhan.

Contohnya:
1.Rasul PAULUS sebelum mengenal KRISTUS, dia adalah seorang penganiaya umat Tuhan . Tapi setelah mengalami perjumpaan pribadi bersama Kristus, dia mengalami perubahan yang sangat luar biasa hingga menjadi martirnya ALLAH.
Bagaimana mungkin seorang PAULUS bisa sedemikian dipakai Tuhan. Saya percaya, Paulus tidak langsung seketika bisa seperti ini, tapi melalui hubungan pribadi yang terus menerus dengan Tuhan. 

2. PETRUS, sebelum mengalami perjumpaan pribadi bersama KRISTUS, dia adalah seorang nelayan, tidak mantap, emosional, tidak berfikir panjang, tipis (SIMON). Setelah selama 3 tahun dididik dan dibina oleh YESUS, PETRUS menjadi seorang yang dipakai TUHAN secara luar biasa.
 
Untuk mengalami pertumbuhan iman, kita tidak cukup hanya datang ke gereja hari minggu, ikut pelayanan di gereja, ikut persekutuan, nyanyi-nyanyi, dengarkan kotbah, persembahan lalu pulang. DATANG, DUDUK, DIAM, DENGAR, DENGKUR, DUIT, DA….DAH….(7D) HAri minggu haleluya puji Tuhan, hari senin-sabtu jadi anak setan semua sumpah serapah keluar. Tapi harus dibangun manusia rohaninya hari demi hari melalui saat teduh, baca Firman, doa, pertemuan ibadah, dan gaya hidup kerajaan ALLAH.

2 TIMOTIUS 3:16,” Segala tulisan yang diilhamkan ALLAH memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran."


LANGKAH-LANGKAH :
1.MENCARI Alkitab adalah tulisan yang diilhamkan ALLAH kepada manusia, bukan berdasarkan pemikiran manusia belaka. Di dalamnya banyak makna-makna yang tersirat dan butuh hikmat surgawi untuk dapat memahaminya. TIdak dapat ditafsirkan dengan pengetahuan manusia belaka. Hikmat adalah kunci untuk membukanya.

Mazmur 119:10, “ Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau,…….”

Amsal 8:17,”……..orang yang tekun mencari aku akan mendapatkan daku.”

Matius 1:7,” ……..carilah, maka kamu akan mendapat,………"


2.MENYIMPAN
MAZMUR 119:11,” Dalam hatiku aku menyimpan janji-MU”

Firman Tuhan adalah harta yang sangat berharga melebihi emas dan perak. Kita harus menyimpannya baik-baik supaya tidak dicuri oleh iblis. Selain itu Firman memiliki faedah yang sangat luar biasa, bagaikan pedang bermata dua. Saat kita kuatir, ingat firman yang mengatakan “JANGAN KAMU KUATIR AKAN APAPUN JUGA”. 

Saat kita tidak berdaya, ingat Firman yang mengatakan,” MENARA PERLINDUNGAN DAN KOTA BENTENGKU ADALAH TUHAN.” Mari kita lihat teladan YESUS saat menghadapi iblis, DIA mengeluarkan Firman TUHAN untuk melawan iblis, dan iblis itu pun mundur dari dhadapanNYA.


3. MENCERITAKAN/MEMPERKATAKAN
MAZMUR 119:13,” Dengan bibirku aku menceritakan segala hukum yang KAU ucapkan.”

ROMA10:17,” Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus”

Indera pendengaran manusia memiliki kepekaan yang sangat tinggi dan mampu mempengaruhi seluruh tubuh. Saat menerima firman, “ KAMU ANAK ALLAH”, perkatakan terus supaya di dengar oleh telinga kita “ AKU ANAK ALLAH”, telinga menyampaikan ke pikiran dan ke hati, hingga timbul keyakinan dari dalam hati bahwa AKU ANAK ALLAH, dan itu yang mengubahkan pola pikir kita dan sikap hidup kita.


4. MERENUNGKANMAZMUR 119:15,” Aku hendak merenungkan titah-titahMU.”

Firman yang ditulis di ALKITAB itu baru tulisan, bila diterima oleh pikiran itu baru sebatas pengetahuan. Karenanya tidak heran bila kita menjumpai banyak orang yang fasih saat bicara firman tapi kehidupannya bertolak belakang. Firmat itu harus menerobos masuk sampai ke dalam hati dan itulah yang sanggup mengubahkan kehidupan seseorang. Pemazmur mengatakan,” AKU merenungkan FIRMANMU siang dan malam."

Contoh: MAZMUR 1:1,” Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa,…….”

Libatkan pertanyaan APA, MENGAPA, BAGAIMANA, KENAPA, dst..
- MENGAPA Tuhan melarang saya untuk menuruti nasihat orang fasik?
- APA pengaruh nasihat orang fasik buat kehidupan saya?
- KENAPA Tuhan katakan berbahagia?
- BAGAIMANA akibatnya bila saya tetap menuruti nasihat orang fasik?
- BAGAIMANA akibatnya bila saya tetap berdiri di jalan orang berdosa? dst

Semakin dalam semakin menggali, hikmat itu akan muncul dan menambah pengertian kita.


5. BERGEMARMAZMUR 119:15,” Aku akan bergemar dalam ketetapan-ketetapan MU……..”

Arti kata bergemar adalah bersuka, bergembira, ada tindakan untuk melakukannya.
Adalah mustahil bila kita berbicara, saya orang beriman tapi tindakan kita masih dipenuhi oleh kuatir, kecewa, iri hati, ketakutan, etc. Firman dan iman saling bekerja sama dan di impartasikan melalui perbuatan.


MAZMUR 105:4, "CARILAH TUHAN DAN KEKUATAN-NYA, CARILAH WAJAHNYA SELALU"


TUHAN memberkati! (lies - 08052008)

Tidak ada komentar: