Selasa, Desember 29, 2009

UNDERSTANDING UR POTENSIAL


Written by : liesye herlyna

TAK SEORANG PUN DAPAT MEMBUAT ANDA MERASA RENDAH TANPA PERSETUJUAN ANDA Eleanor Roosevelt

Di dunia ini ada 3 macam tipe orang, yaitu :
• sedikit orang yang mewujudkan segala sesuatu
• banyak orang yang melihat apa yang terjadi
• kelompok mayoritas yang tidak tahu apa yang sedang terjadi

Masuk kedalam kelompok manakah kita ?
Marilah kita bertanya kepada diri sendiri :
• siapakah aku ?
• mengapa aku ada disini ?
• seberapa besarkah potensi diriku ?
• dengan ukuran apakah aku harus menilai diriku ?
• siapakah yang menentukan standarnya ?
• dengan cara apa aku dapat memaksimalkan potensiku ?
• apakah yang menghambat diriku ?

Segala sesuatu yang ada di dalam bumi ini memiliki potensi yang tidak terbatas, termasuk manusia, namun berapa banyak diantara mereka yang memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya. Banyak kita lihat artis-artis yang sangat berbakat, tenar dan punya talenta yang luar biasa. Tapi coba kita lihat akhir hidupnya, kebanyakan dari mereka mengakhiri hidupnya dengan narkoba, minuman keras sampai bunuh diri. Sungguh tragis, manusia yang diciptakan segambar dan serupa ALLAH harus mati dengan ke-sia-sia-an.


APA YANG DIMAKSUD DENGAN POTENSI 
Potensi adalah kemampuan yang terpendam, yang belum digali dan tersembunyi jauh di dalam diri seseorang. Potensi bukan apa yang telah kita lakukan, melainkan apa yang sanggup kita lakukan. Orang yang selalu berkata “saya tidak bisa, saya tidak mampu, saya memang orang bodoh, etc.” Secara tidak sadar sebenarnya dia sedang mengkerdilkan dirinya sendiri dan menghina TUHAN sebagai penciptanya.

Coba ambil sebutir kacang tanah di tangan anda, apa yang anda lihat ? Hanya sebutir benih, pohon taoge, tempe, tahu, pabrik tahu, atau perkebunan kacang. Cara anda memandang sesuatu menggambarkan siapa diri anda yang sebenarnya dan berpengaruh terhadapa masa depan anda. Inilah yang dinamakan “potensi.”

POTENSI BUKANLAH APA YANG TELAH ANDA LAKUKAN, TETAPI APA YANG BISA ANDA LAKUKAN DAN BELUM ANDA LAKUKAN BAGAIMANA CARA MEMANDANG POTENSI 

Segala sesuatu diciptakan dengan membawa maksud dan tujuan, tidak ada yang diciptakan oleh ALLAH secara iseng-iseng atau produk gagal. Contoh: sebutir benih yang ditaburkan di tanah, punya potensi untuk mengakar, membelah diri, bertunas, menghasilkan daun, bertumbuh, berbuah, menjadi tempat bernaung bagi hewan-hewan lain. Tidak hanya sampai disitu, dia akan memecah dirinya menjadi puluhan, ratusan bahkan ribuan pohon-pohon yang sama, semua hanya bermula dari sebutir benih. Apa yang telah ada di masa lalu, sekarang dan di masa yang akan datang, semuanya TELAH ADA di dalam diri ALLAH. ALLAH adalah akar dari segala kehidupan. Artinya, sebelum segala sesuatu yang ada di muka bumi ini, semuanya sudah ada dalam pemikiran dan di dalam diri-NYA. ALLAH mengeluarkan satu demi satu dari dalam diriNYA ke alam nyata. Karena segala sesuatu telah ada di dalam alam roh/spiritual.

Yohanes 1:1-4, “Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah sendiri. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. DAlam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

Jadi saat kita berbicara dengan ALLAH, kita sedang berbicara dengan seluruh unsur alam semesta yang ada dalam diri ALLAH. Saat kita tinggal di dalam ALLAH yang adalah sumber potensi itu, maka semuanya itu ada dalam genggaman kita karena kita bersama sumber potensi itu.

Ibrani 11:1,” Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” 
Ibrani 11:3, “ Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.” 

ALLAH memberikan FIRMAN-NYA, kita menangkap dengan iman dan menarik keluar apa yang ada di dalam diri ALLAH. Jadi iman bukan bukti dari yang belum ada, tapi bukti dari yang belum kelihatan secara kasat mata tapi sudah ada di alam roh. Segala sesuatu yang kita lihat oleh mata jasmani, sudah ada di alam rohani.

KUNCI UNTUK MEMAHAMI KEHIDUPAN ADA DALAM SUMBER KEHIDUPAN, BUKAN DALAM KEHIDUPAN ITU SENDIRI 

Segala sesuatu TELAH ada di dalam ALLAH. Saat kita menyerahkan segala sesuatunya kepada TUHAN. Maka TUHAN menempatkan keinginan-NYA di dalam diri kita, apa yang kita inginkan adalah keinginan TUHAN bukan keinginan manusia lama kita lagi. Hingga genaplah nats yang mengatakan “Mintalah,maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat, ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu (MATIUS 7:7). Dengan keberanian kita dapat meminta sesuatu kepada TUHAN. Saat kita meminta, sesungguhnya gagasan dan jawaban itu telah ada di dalam diri ALLAH. ALLAH telah menyiapkan segala sesuatu di dalam diri-NYA. Tidak ada yang baru dari apa yang kita pikirkan dan lakukan (pengkothbah 1:9). Segala sesuatu yang telah dilakukan akan dilakukan lagi- apa yang kita kira baru telah lama ada. Tidak ada yang baru di dunia ini.


SIAPAKAH AKU 
Kejadian 1:26,” Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, ………………”

Menurut gambar ALLAH, artinya kita memiliki citra yang mulia, kudus dan tidak bercacat cela sama seperti ALLAH adalah kudus.
Menurut rupa ALLAH, tangan ALLAH sendiri yang mengerjakan seluruh bagian di dalam tubuh kita secara sempurna, limit edition dan special.

Sejak dari kandungan ibu, kita adalah ciptaan istimewa di mata-NYA. Mungkin ada di antara kita yang dulu pernah hendak digugurkan oleh orang tuanya atau anak hasil dari hubungan di luar nikah. Tapi toch lahir juga dan sudah besar sampai sekarang. TUHAN menginginnkan anda ada di dunia ini, karena IA mengasihi anda. Terlepas dari siapa anda sebelumnya, terlepas dari masa lalu anda yang kelam. Di mata-NYA, anda tetap anak-NYA, anak kesayangan-NYA SELALU DAN SELAMA-NYA. YOU ARE HIS CHILD !!

Keberadaan diri kita bukan karena kekayaan, popularitas, penampilan, kedudukan, kecantikan, atau ketampanan tapi keberadaan diri kita sepenuhnya karena kita SANGAT DIKASIHI DAN DICINTAI TUHAN. Itulah makna keberadaan kita yang sesungguhnya yaitu berasal dari sumber kehidupan itu sendiri.

AKU ADALAH SESEORANG, SEBAB AKU BERASAL DARI TUHAN DAN IA MENGALIRKAN SEBAGIAN DIRI-NYA KE DALAM DIRI-KU.

Artinya: Kristus ada dalam diri kita, karena Tuhan mengalirkan sebagian diri-NYA pada kita.. Kristus adalah gambar diri ALLAH. “gambar” bukan berarti “duplikat” tapi “intisari keberadaan” mencakup sifat, karakter, pemikiran, semua yang ada didalamnya. Berarti saat ALLAH menciptakan kita, ALLAH menciptakan kita sesuai dengan gambar-NYA. Dan gambar-NYA adalah Kristus. Yesus adalah perwujudan manusiawi dari Kristus surgawi. Dan semuanya itu ada dalam diri kita manusia, karena ALLAH sudah memberikan sebagian diri-NYA “NAFAS KEHIDUPAN” dan pengorbananNYA diatas kayu salib untuk mengokohkan kedudukan kita sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari diriNYA.


APAKAH YANG TERJADI 
Amsal 24: 7a; “ Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri, 
Amsal 16: 2; “ Segala jalan orang adalah bersih, menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.” 

Apa yang kita pikirkan mengenai keadaan kita, menentukan siapa sesungguhnya diri kita. Kita berfikir tidak bisa apa-apa, bodoh, jelek, gendut atau yang lainnya. Akan seperti itulah jadinya kita, penuh ketidak berdayaan, ketidakmampuan. Sejak kejatuhannya, iblis berusaha untuk menyeret manusia jatuh ke dalam dosa. Dengan memutar balikkan fakta bahwa ALLAH menyembunyikan sesuatu pada manusia. Ia menghancurkan konsep ADAM dan HAWA tentang ALLAH. Akibat dosa, ADAM dan HAWA tercabut dengan paksa dari sang sumber, dan menimbulkan lubang menganga di dalam dirinya dan berusaha mencari pembenaran melalui agama. Agama, ilmu pengetahuan, buku-buku rohani, tidak mampu menimbun lubang tersebut. Semakin besar usaha manusia untuk menimbunnya, akan semakin besar lubang itu menganga. Hanya YESUS yang dapat menimbun lubang itu dan membuatnya sempurna seperti sediakala.


HIKMAT SIAPAKAH YANG ANDA PILIH 
Amsal 4:7:”Hikmatlah yang tertinggi, karena itu perolehlah hikmat. Hikmat melindungi kita dari bahaya pengetahuan.”

ALLAH adalah ROH, dan ROH menyingkapkan semua hal yang tersembunyi di dalam diri ALLAH kepada manusia. ROH memberikan manusia hikmat dari tempat MAHA TINGGI untuk menyingkapkan perkara-perkara yang tidak mampu diselesaikan oleh ilmu pengetahuan, dogma-dogma dan logika manusia.

1 Korintus 2:11, “Tidak seorang pun mengenal anda lebih dari anda mengenal diri sendiri, sebab siapakah yang mengenal seseorang lebih baik dari rohnya sendiri.”

Hanya roh manusia yang mengenal siapa dirinya yang sesungguhnya, namun sungguh di sayangkan karena dosa telah menjadikan manusia mahluk bebal yang tidak mampu mengenali siapa dirinya. Hingga akhirnya datang seorang JURU SELAMAT yang kita yang sesungguhnya. ROH KUDUS yang memberikan kemerdekaan pada kita.

Amsal 18:4;” Perkataan mulut orang adalah seperti air yang dalam, tetapi sumber hikmat adalah seperti batang air yang mengalir.” 
1 Korintus 2:12; “Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita.“ 


MENGAPA KITA DILAHIRKAN 

JIKA ANDA MERASA NYAMAN TENTANG DIRI ANDA SENDIRI, ANDA AKAN MERASA NYAMAN TENTANG ORANG LAIN. HANYA SETELAH ANDA MELIHAT DIRI ANDA SEBAGAI SEORANG YANG BERHARGALAH, ANDA DAPAT MENGHARGAI ORANG LAIN. 

Menerima diri sendiri adalah kunci untuk menghargai diri sendiri secara sehat. Terimalah diri anda sebagaimana ALLAH menciptakan anda. Izinkan kuasa-NYA untuk mengubah kelemahan anda. Seseorang yang berhasil dalam hidupnya adalah orang yang mempunyai rencana/mimpi/visi dalam hidupnya dan dituliskan/terdokumentasikan. Karena ada saat-saat dimana kita menjadi lemah atau lupa dengan rencana tersebut. Dengan mereview kembali rencana tersebut akan menyegarkan dan memacu kembali untuk meraihnya. Orang yang tidak punya rencana, hidupnya akan kacau dan tidak beraturan. Merencanakan sesuatu dalam 1 menit, menit berikutnya sudah berubah. Menjadi bingung, kehilangan arah, tersesat dan frustasi.

Contoh: punya kerinduan ingin melayani di gereja, tapi ketika diajak ikut carecell ogah, diajak untuk memimpin pujian ogah, diminta untuk memimpin doa – malu, disuruh share firman gak pede. Bagaimana mungkin bisa melayani di gereja, untuk perkara kecil seperti itu pun malu melakukannya. Untuk menjadi besar harus mulai dari hal-hal kecil dulu, lakukan dengan tanggung jawab maka Tuhan akan memberikan tanggung jawab yang lebih besar lagi.


MENGEMBANGKAN DIRI 
Misal anda orang yang suka mendoakan orang lain dan anda merasa terpanggil menjadi pendoa syafaat, mulai kembangkan potensi anda dengan langkah sederhana dibawah ini yaitu :
a. Pemikiran/ide, tiba-tiba timbul dalam pikiran kita untuk sesuatu hal. Misal: terlintas wajah si A
b. Gagasan, masih berupa konsep, orang ini sudah lama tidak ketemu
c. Imajinasi, memikirkan kira-kira perlu dikunjungi atau cukup via telepon saja. Kira-kira kapan si A ini mau dikunjungi disertai waktu, jam berapa, mau bawa apa sebagai oleh-oleh, etc. Jadi imajinasi ini sudah berupa pemikiran untuk bertindak tinggal diaplikasikan di alam nyata
d. Praktek

Orang yang mengubah dunia adalah orang-orang yang membuang kata tidak mungkin dari kamusnya. Segala sesuatu diciptakan dengan tujuan, demikian pula manusia diciptakan ALLAH supaya dapat berfungsi secara maximal. Saat  ALLAH  memberikan suatu tanggungjawab, ALLAH sudah memberikan kemampuan untuk memenuhi tanggungjawab tersebut. ALLAH sudah memperlengkapi kita.  Apapun yang ALLAH kehendaki, Ia telah menyediakan.

MASALAHNYA BUKAN ANDA TIDAK BISA TAPI TIDAK MAU 

Manusia yang paling miskin adalah orang yang tidak memiliki impian. Tuntutlah diri anda untuk melakukan sesuatu, kejarlah sesuatu, kerjakan dengan hasil terbaik seakan akan hidup anda akan berakhir hari itu.


SIAPAKAH AKU, SIAPAKAH ANDA, SIAPAKAH KITA 
Aku, anda dan kita semua adalah mahluk roh. Kita berasal dari ALLAH, diberikan nafas kehidupan yang berasal dari diri ALLAH sendiri. ALLAH adalah roh. Roh tidak bisa mati dan kekal. Artinya kita diciptakan untuk kekekalan dan harus memenuhi tujuan hidup yang telah ditetapkan. Potensi sejati memerlukan hidup kekal untuk diwujudkan dan di maximalkan. Tuhan tidak pernah mengenal kata pensiun tapi istirahat. Setelah bekerja selama 6 hari pada hari ke-7 beristirahat. Demikian pun kita, setelah selama 6 hari bekerja pada hari ke-7 beristirahat, untuk memulihkan kesegaran roh, jiwa dan tubuh.. Agar dapat beraktivitas dengan tenaga full lagi.


KUNCI MENUJU POTENSI MAXIMAL : 
1. Mengenali dengan benar siapa sumber kehidupan kita.
2. Paham bahwa kita dirancang supaya dapat berfungsi seperti Tuhan melalui iman dan kasih.
3. Menyadari untuk apa kita diciptakan dan tugas apa yang diemban oleh kita di bumi ini. Tujuan melahirkan tanggung jawab dan tanggung jawab menuntut potensi.
4. Bergaul intim dengan Tuhan, untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan selama proses pendewasaan rohani.
5. Berada dalam lingkungan yang tepat, hubungan yang sehat, kasih dan tantangan untuk memaximalkan potensi.
6. Melatih setiap potensi yang ada dengan bekerja.
7. Menumbuhkan potensi yang ada, jangan bosan-bosan untuk belajar. Upgrade diri anda, memjadi orang-orang yang capable tidak hanya dibidangnya tapi di bidang-bidang yang lain. Sperti intel dari Celeron menjadi core 2 duo. Perbesar kapasitas.
8. Jaga potensi yang sudah dimiliki, dengan menjaga visi, impian dari dosa, keputusasaan, penundaa, kegagalan, pendapat, penyimpangan, tradisi dan kompromi. BERJAGA-JAGA 
9. Melayani sesama. Potensi sejati dan pemenuhannya bukan dari apa yang sudah diselesaikan tapi dari manfaat yang dihasilkan.
10. Tuhan memberikan potensi yang tidak terbatas kepada manusia, tapi ada batas-batasnya yaitu FIRMAN TUHAN.

HANYA SEDIKIT ORANG BAHKAN TERAMAT SEDIKIT YANG MENYADARI BAHWA DIA MEMILIKI POTENSI YANG TIDAK TERBATAS. HIDUP HANYA UNTUK LAHIR, SEKOLAH, KERJA, MENIKAH, PUNYA ANAK LALU MATI. DAN MENGUBUR POTENSI-POTENSI YANG ADA DALAM DIRINYA. 

APAKAH ANDA MAU MENJADI SALAH SATU SEPERTI MEREKA, ATAUKAH ANDA MAU MENJADI SALAH SEORANG PENGUBAH DUNIA DENGAN MENGEMBANGKAN SEGENAP POTENSI YANG TELAH TUHAN BERIKAN KEPADA ANDA. KEPUTUSAN DI TANGAN ANDA………….


With a warm love from GOD (lies-29122009)

Tidak ada komentar: