Ken Blanchard, penulis buku terkenal
"One Minute Manager", pada suatu saat membagikan sebuah kisah tentang
apa yang dapat terjadi ketika para karyawan di sebuah perusahaan meniru gaya
kepemimpinan yang melayani, tak peduli posisi karyawan tersebut di dalam
hierarki organisasi.
Seorang konsultan bisnis sedang
melatih lebih dari 3.000 karyawan di sebuah grup supermarket di wilayah Barat
Tengah Amerika Serikat, agar mereka bekerja dengan tujuan untuk menciptakan
kenangan bagi para pelanggan mereka.
Johnny, 19 tahun, adalah seorang
petugas di bagian pembungkusan barang belanja yang memiliki penyakit down syndrome.
Tanggapannya yang pertama terhadap nasihat konsultan itu adalah, "Saya ini
hanya seorang petugas di bagian pembungkus".
Walaupun demikian, ketika ia pulang
ke rumahnya ia membagikan perkataan konsultan itu dengan ibunya. Mereka mulai
merenungkan apa yang dikatakan konsultan itu tentang bagaimana menciptakan
kenangan indah bagi para pelanggan. Johnny mempunyai kebiasaan mengumpulkan kisah-kisah
penuh inspirasi yang ia sering baca. Ia memutuskan bahwa ia akan mulai mencetak
perkataan-perkataan inspirasional itu dan menaruh kertas inspiratif itu di
kantong belanjaan pelanggannya. Ketika para pelanggan datang melewati jalur pembayaran
dan Johnny membungkus barang belanjaan mereka, tak lupa Johnny menaruh kertas
inspiratif itu di kantong belanjaan mereka.
Sambil berkata, "Saya sudah
menaruh beberapa kisah inspiratif di dalam kantong ini dengan harapan hal itu
dapat menambah semangat anda hari ini. Terima kasih karena anda belanja di
sini."
Setelah berlangsung beberapa minggu,
sesuatu yang luar biasa mulai terjadi. Pada suatu hari manajer toko
memperhatikan bahwa semua pelanggan mengantri di satu kasir saja, sedangkan
kasir lainnya kosong. Ia mulai panik, mengira bahwa mesin-mesin kasir lain
sedang rusak. Setelah diselidiki ternyata bukan itu masalahnya. Sesungguhnya,
para pelanggan ingin melewati konter Johnny agar mendapatkan kisah inspiratif
untuk hari itu.
Seorang wanita mendatangi manajer
toko itu dan berkata, "Biasanya saya belanja ke sini seminggu sekali,
tetapi sekarang saya datang setiap hari."
Teladan Johnny menyebar ke departemen
lain di supermarket itu. Bagian penjualan bunga membagikan sekuntum bunga kepada
setiap pembeli bunga. Bagian penjualan daging menempelkan stiker Snoopy dengan
ucapan tertentu yang menarik pada setiap pembelian daging. Tindakan dari
seorang petugas pembungkus belanjaan telah mengubah suasana di supermarket itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar