Rabu, Juni 24, 2009

KANTONG ANGGUR BARU part 1


Written by : liesye herlyna
Kenapa saya tidak bisa mengampuni”, “Kenapa saya selalu menemui kegagalan dalam berbisnis”, “ Kenapa saya selalu dibelit oleh dosa perzinahan padahal saya sudah bertobat dan ikut pelayanan”, “Kenapa pelayanan saya tidak berkembang padahal saya sudah menggunakan berbagai macam cara supaya pelayanan ini berkembang” Kenapa doa-doa saya tidak dijawab TUHAN”,”kenapa….kenapa…. dan kenapa…..

Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang sering kali terlontar dari mulut kita, orang-orang yang notabene KRISTEN. Orang-orang yang seharusnya tidak lagi berkutat dengan dosa, berkutat dengan masa lalu, berkutat dengan harta benda, berkutat dengan popularitas dan lainnya. Tapi kenapa banyak orang KRISTEN bahkan semakin banyak saja yang hidup terpenjara oleh situasi seperti ini.

Hal ini tak lain dan tak bukan karena mereka tidak mau menyerahkan hidup mereka sepenuhnya kepada KRISTUS. Mereka hanya percaya bahwa YESUS akan menolong mereka, percaya bahwa YESUS akan memberkati mereka, percaya bahwa YESUS akan menyembuhkan mereka, percaya YESUS akan menyelamatkan mereka tapi mereka tidak percaya bahwa YESUS MAMPU MENGUBAHKAN KEHIDUPAN MEREKA MENJADI CIPTAAN YANG BARU. 

YESUS telah melakukan PERTUKARAN di atas kayu, CATAT!! PERTUKARAN” bukan “PERBAIKAN”. Ibarat sebuah barang yang bergaransi seumur hidup, anda dan saya pun memiliki garansi seumur hidup. Setiap kerusakan dalam diri anda, entah itu karena luka batin, tertolak, kepahitan, pelecehan sexual, emosi yang tidak terkendali, sakit penyakit, kegagalan, apapun juga, anda cukup bawa kepada YESUS dan DIA akan menggantikannya dengan yang baru dari surga. TUHAN tidak akan menambal hati anda yang luka dengan sepotong tubuh KRISTUS. TUHAN tidak akan menyembuhkan penyakit anda setengah-setengah dan memakai alasan hari ini DIA sedang repot dan banyak yang harus dilayani. TUHAN bukan tukang service yang hanya memperbaiki yang rusak tapi DIA adalah seorang pencipta/pembuat “ HE WAS A MAKER”, yang memiliki kuasa dan otoritas untuk membuat dan menciptakan sesuatu. 

MANUSIA TIDAK MAMPU MEMAHAMI PERKARA INI 

Karena manusia menggunakan kedagingan untuk bisa mengenal ALLAH, manusia membawa pengertiannya sendiri untuk mengenal ALLAH dan semua itu sia-sia. Akibat ketidak mengertian ini, membuat manusia menjadi pundung (kecewa red) kepada TUHAN. Manusia merasa TUHAN tidak adil, merasa TUHAN pilih kasih, merasa TUHAN membuang dirinya, merasa TUHAN tidak mampu menangani semua persoalan di dalam hidupnya, merasa TUHAN tak ubahnya seperti berhala-berhala lain yang dapat diatur sesuka hatinya.

Untuk mengenal ALLAH tidaklah sesulit yang dibayangkan, kuncinya hanya 1 yaitu: miliki kantong anggur yang baru. Kantong berbicara mengenai wadah/tempat untuk menyimpan sesuatu. Bangsa ISRAEL menggunakan lambung unta untuk membuat kantong tempat menyimpan minuman atau menyimpan benih. Lambung unta dipilih karena kekenyalan, kelenturan, ketahanan namun sekaligus kelembutannya. Sehingga barang yang disimpan di dalamnya tidak cepat rusak dan aman dari benturan keras.

Hati manusia diibaratkan sebagai kantong anggur yang walaupun kecil namun mampu menampung berbagai hal dan tersembunyi. Hati yang lama telah koyak (sobek red) disebabkan oleh rupa-rupa dosa dan pemberontakan serta telah usang dimakan rayap. Rayap berbicara mengenai tekanan dalam kehidupan, gaya hidup yang sembrono, pola pikir yang salah, doktrin-dokrin dunia, semuanya itu secara perlahan-lahan menggerogoti kehidupan kita dari dalam, membuat hati kita menjauh dari TUHAN dan memungkiri kuasaNYA. Tanpa memiliki kantong anggur yang baru/hati yang baru adalah hal yang mustahil kita bisa memiliki hidup yang berkemenangan. 

BAGAIMANA MENDAPATKAN KANTUNG ANGGUR YANG BARU 

YEHEZKIEL 36:25-30 

1. TUHAN MENCURAHKAN AIR YANG JERNIH DAN MENTAHIRKAN KITA DARI SEGALA BERHALA-BERHALA 
36:25 Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. 

Baru-baru ini saya menemukan sebuah pengajaran dari satu aliran gereja yang mengatakan bahwa bila berbuat dosa harus ditahirkan berulang-ulang di dalam air seperti yang NAAMAN lakukan. Seorang rekan bercerita bahwa dia melakukan sebanyak 7x, ada pula yang melakukan sebanyak 20x tergantung pada ringan atau beratnya dosa yang dia lakukan. Waduh…..bisa saudara bayangkan bila orang tersebut berulang kali melakukan dosa, berapa ribu kali dia harus melakukan “pentahiran”. Alih-alih ditahirkan malah mungkin harus tergeletak di tempat tidur karena masuk angin. Kasus NAAMAN adalah kasus khusus, karena TUHAN hendak menghancurkan kesombongan hati NAAMAN dan menunjukkan kekuasaan TUHAN. Namun kasus tersebut tidak bisa dijadikan acuan oleh kita dalam pentahiran dosa.

Saudaraku, kita ditahirkan dari dosa bukan oleh banyaknya kita dibasuh oleh air atau berapa banyak melakukan baptisan air tapi dibasuh oleh FIRMAN TUHAN (air jernih red) yang akan membersihkan dan menahirkan kita dari segala noda dan dosa.

Berhala jaman modern saat ini sudah bukan patung dewa-dewa yang bertubuh besar berpakaian perang dengan membawa golok atau bertubuh gendut dengan membawa uang emas di tangannya tapi sudah berubah wujud berupa makanan, hobby, pekerjaan, karir, pasangan, anak, TV, facebook, games, harta benda bahkan pelayanan. Berhala-berhala modern ini sangat pandai menyusup dalam berbagai aspek kehidupan dan tanpa sadar kita telah menyembahnya. “Sesuatu” hal dikatakan berhala apabila kita telah memberikan tempat khusus dan paling tinggi melebihi posisi TUHAN dalam hidup kita. Berhala-berhala ini akan menarik semua perhatian kita kepadanya dan menomorduakan TUHAN. Kita sudah tidak bersemangat lagi untuk berdoa kepada TUHAN karena sibuk oleh pekerjaan, kita sedemikian ketakutannya akan masa depan anak kita sehingga kita tidak mempercayai pemeliharaan TUHAN.

Apa yang terbayang dalam benak anda, saat mendengar kata “mencurahkan”. Serta merta anda akan berkata air hujan. THAT”S RIGHT !! Air hujan dicurahkan dari langit ke bumi dan bukan air yang berasal dari bumi. Demikian pula saat TUHAN berkata bahwa DIA akan “mencurahkan air jernih” itu adalah FIRMAN yang berasal dari ALLAH yang menjadikan langit sebagai tahtaNYA. FIRMAN yang telah menjadi manusia yaitu YESUS KRISTUS dan akan memerdekakan setiap orang yang percaya kepadaNYA.

Sama seperti air hujan yang membasahi bumi ke segala tempat, demikian juga dengan FIRMAN yang datang ke dunia ini tanpa memilih manusia. Semua orang dicurahkan FIRMAN ini namun tidak semua orang menanggapi FIRMAN ini. Orang-orang yang menanggapi FIRMAN ini, akan dibersihkan dari segala dosa dan kecemaran. 

2. DIBERIKAN HATI YANG BARU DAN ROH YANG BARU  
 36:26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. 

PERTUKARAN !! Inilah yang terjadi. Saat kita menyerahkan hati yang lama, yang telah koyak kepada TUHAN. TUHAN memberikan hati dan roh yang baru kepada kita. TUHAN memberikan kantong baru yang berisi benih-benih kehidupan yang baru. Hati yang baru ini berisi benih-benih ilahi yang berisi kasih, sukacita, damai sejahtera, ketaatan, pengampunan, kuasa, otoritas, kesembuhan, pewahyuan, hikmat, etc. Semua ini masih berupa benih dan belum bertumbuh.

3. ROH KUDUS DIBERIKAN KEPADA KITA 
36:27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya. 

Supaya benih-benih itu bisa bertumbuh, perlu dorongan/kuasa di luar diri kita yaitu dengan bantuan ROH KUDUS. ROH KUDUS memberikan kita kekuatan untuk memelihara, menjaga, merawat setiap benih yang telah TUHAN berikan sampai bertumbuh besar dan menghasilkan buah yang tetap. 

4. MASUK DAN DIAM DI NEGERI KANAAN 
36:28 Dan kamu akan diam di dalam negeri yang telah Kuberikan kepada nenek moyangmu dan kamu akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu. 
36:29 Aku akan melepaskan kamu dari segala dosa kenajisanmu dan Aku akan menumbuhkan gandum serta memperbanyaknya, dan Aku tidak lagi mendatangkan kelaparan atasmu. 
36:30 Aku juga memperbanyak buah pohon-pohonanmu dan hasil ladangmu, supaya kamu jangan lagi menanggung noda kelaparan di tengah bangsa-bangsa. 

KANAAN adalah tempat yang dijanjikan TUHAN bagi bangsa ISRAEL dan juga bagi kita ISRAEL-ISRAEL rohani. KANAAN berbicara mengenai kesuburan. KANAAN berbicara mengenai kelimpahan. KANAAN berbicara mengenai penggenapan janji TUHAN. KANAAN berbicara mengenai covering TUHAN. KANAAN berbicara mengenai penghentian. Suatu tempat dimana kita bertemu muka dengan muka bersama ALLAH.

Saat kita sudah memasuki tanah KANAAN, itu artinya kita berada dalam tempat penghentian bersama TUHAN. Suatu tempat yang penuh dengan berkat ALLAH, dimana kita tidak akan mengalami lagi musim kekeringan dan kekurangan. Apa yang kita hasilkan akan berlimpah ruah bahkan overload untuk diri kita sendiri. 

Memiliki kantong anggur yang baru dan hidup yang dipimpin oleh ROH KUDUS adalah kunci untuk mendapatkan berkat dan terobosan dalam kehidupan kita. Tanpa itu semua, mustahil kita akan mendapatkan janji-janji TUHAN. 

Saudaraku, bila saat ini anda mengalami pergumulan yang begitu besar dalam kehidupan dan seakan-akan menemui jalan buntu. Bila anda senantiasa jatuh bangun dalam dosa padahal anda sudah menjadi KRISTEN berpuluh-puluh tahun atau bahkan mungkin sudah pelayanan. Mari datang pada YESUS dan serahkan hatimu yang lama dan minta hati yang baru dari YESUS. Minta supaya ROH KUDUS mengambil alih atas seluruh hidupmu. Dan bekerjasamalah dengan ROH KUDUS dalam memelihara kehidupanmu. Maka engkau akan diubahkan dan disempurnakan seperti KRISTUS.

TUHAN memberkati (lies-19062009)





























Tidak ada komentar: