Sabtu, Januari 24, 2009

TENANGLAH ! AKU INI JANGAN TAKUT

Written by : liesye herlyna


MARKUS 5:50, …..”Tenanglah AKU ini, jangan takut !”

Sudah beberapa tahun ini, saya menghabiskan malam tahun baru sendirian, kadang mencari tempat nyepi atau di rumah sendirian. Benar-benar sendirian, karena kedua orang tua saya sudah berangkat jauh-jauh hari untuk honeymoon yang kesekian puluh kalinya dan alhasil saya yang diminta untuk menjadi penjaga gawang alias penjaga rumah.

Di malam tahun baru itu, saya melihat tayangan TV yang menampilkan prediksi para pakar-pakar ekonomi yang memprediksikan situasi di tahun 2009. Saat melihat tayangan tersebut sempat timbul dalam pikiran saya “ Masa sih TUHAN, tahun 2009 sesuram itu, semenakutkan itu, bagaimana dengan masa depanku ?” Jujur, hati saya sempat gamang dan berfikir untuk mencari penghidupan di negara lain. 

Tiba-tiba ROH KUDUS bilang “ Matikan saluran TV itu, jangan masukkan sampah dalam dirimu. Karena itu akan merusak rencana-rencana terbaikKU untuk dirimu. Bukankah sudah KUkatakan bahwa AKU akan senantiasa menyertai engkau kemanapun engkau pergi. Dan bukankah AKU sudah memperlihatkan pelangi perjanjianKU dengan engkau untuk meneguhkan engkau bahwa AKU ALLAH YANG SETIA. INI AKU, JANGAN TAKUT !!” 

Segera saya mematikan saluran TV dan merenungkan perjalanan iman saya selama tahun 2008 bersama TUHAN. Ada tawa, ada tangis, ada sukacita, ada dukacita, ada kesombongan, ada kerendahan hati, ada kegagalan, ada kesuksesan, ada sakit hati, ada pengampunan, semuanya itu memberi warna di dalam perjalanan iman saya.

Sama seperti pelangi yang TUHAN tunjukkan kepada saya, bahwa kehidupan manusia baru terasa indah saat di dalamnya terdapat beraneka warna kehidupan. Entah itu perkara yang baik maupun yang buruk sekalipun. Itu akan menjadi saksi dalam perjalanan iman kita bersama TUHAN.

Apakah saat ini anda sedang mengalami pergumulan dan tekanan yang sangat menyakitkan hati. Mungkin anda sedang kuatir akan di PHK di tempat anda bekerja selama puluhan tahun ini, mungkin anda sedang menantikan pasangan hidup yang tidak juga hadir di depan mata padahal usia anda semakin merangkak naik. Mungkin ada sedang menantikan buah hati yang tidak kunjung hadir di pangkuan anda padahal anda sudah menantikannya belasan tahun, atau mungkin anda sedang sibuk mencari pekerjaan, etc. Jawaban TUHAN saat ini hanya satu TENANGLAH, AKU INI JANGAN TAKUT !” 

Tuhan yang adalah TUHAN di atas segala tuhan, pencipta langit dan bumi, penguasa alam semesta ini, menyatakan diriNYA kepada anda dan menyuruh anda untuk tenang dan tidak takut. Apakah patut bagi anda untuk takut ??? TIDAK

Ketakutan, tidak mengerjakan kebenaran, ketakutan hanya akan menciptakan labirin ketakutan dan akan mengisap anda kedalamnya, membuat anda tercekik kehabisan nafas dan akhirnya anda tenggelam di dalamnya.

Saat anda mendengar perkataan TUHAN ini, jujurlah pada diri anda sendiri, apakah anda masih ketakutan ?

Bila masih, berarti di dalam hati anda sesungguhnya anda tidak percaya bahwa ALLAH sanggup menolong anda. Anda tidak percaya bahwa ALLAH Maha Kuasa dan sanggup melepaskan anda dari krisis global ini. Anda baru sebatas tahu, siapa itu ALLAH tanpa benar-benar mengenal siapa ALLAH itu sebenarnya. Saat anda tidak mempercayai TUHAN, sebetulnya anda sedang mempersiapkan kehancuran bagi masa depan. Iblis saja yang notabene memberontak terhadap ALLAH percaya bahwa YESUS adalah anak ALLAH (tapi iblis tidak mempercayai bahwa YESUS anak ALLAH yang menjadi manusia karena itu adalah kekalahan bagi dirinya).

Ada 2 macam tipe orang percaya :
- Percaya sebatas pikiran
- Percaya yang bersumber dari hati

Banyak orang Kristen atau yang mengaku KRISTEN masuk tipe no 1 ini. Bila anda mendatangi mereka dan bertanya “ APAKAH ANDA PERCAYA YESUS AKAN MENOLONG ?” jawaban mereka dipastikan AMIEN, YA. SAYA PERCAYA. Anda bertanya lagi “ APAKAH ANDA PERCAYA BAHWA YESUS SANGGUP MENOLONG KELUAR DARI KESULITAN INI ? “AMIEN, SAYA PERCAYA. 

Tapi coba anda tanyakan lagi “ APAKAH ANDA MEMPERCAYAI SEPENUHNYA BAHWA YESUS SANGGUP MENOLONG ?” Ada sebagian yang meng AMIEN kan juga (di mulut berkata AMIEN tapi jauh di lubuk hatinya mungkin kebat-kebit juga) atau mungkin berkata tidak yakin. 


Ada 2 perbedaan besar antar percaya dengan mempercayai :
Biasanya seseorang baru bisa percaya kepada suatu hal bila “hal” tersebut bisa diterima oleh indera penglihatan/mata dan logika. Kita baru bisa percaya bila melihat dengan mata kepala sendiri wujud nyatanya.

Sedangkan mempercayai, lebih mengandalkan kepada sikap hati mempercayai sepenuhnya walaupun wujud dari benda atau “hal” tersebut belum keliatan di depan mata. 

Contoh: suatu hari anda diberitahu akan mendapatkan sebuah mobil mewah dari seseorang yang anda kenal baik dan seorang milyader. Saat anda mendapat informasi ini, apa yang anda lakukan ? Apakah anda akan bertanya-tanya terus, kapan mendapatkan mobil ini. Atau kan tinggal tenang dan yakin bahwa anda akan mendapatkan mobil itu. Saya yakin, anda akan tidur nyenyak saat mendengar berita ini dan percaya bahwa orang tersebut akan memberikan mobil mewah itu pada anda.

Beda hal nya bila anda tidak mengenal orang yang berjanji akan memberikan mobil mewah, Hati anda akan bertanya-tanya kebenaran berita itu. Hingga mobil mewah itu sampai di tangan anda, barulah anda percaya. udah mengenal orang tersebut. Dan kita baru percaya pada orang tersebut setelah mobil tersebut ada dihadapan anda.

Anda lihat perbedaannya, kita bisa mempercayai seseorang karena kita sudah mengenal dengan baik yang bersangkutan dan baru bisa percaya kepada orang tersebut bila sudah ada bukti dari omongannya.

Inilah yang dinamakan melangkah dengan iman, walaupun kita belum melihat hasilnya di depan mata, tapi kita percaya di dalam hati bahwa kita telah menerimanya. Mungkin bukan hari ini, mungkin esok, mungkin lusa, mungkin bulan depan, mungkin tahun depan, mungkin 10 tahun, 25 tahun.

Saat melihat YESUS berjalan di atas air, murid-murid berteriak ketakutan. Kenapa ?
Karena mereka baru sebatas mengenal YESUS dan percaya kepada YESUS sebatas perbuatan-perbuatan ajaib yang YESUS lakukan. Tapi mereka belum betul-betul mengenal siapa pribadi YESUS yang sebenarnya.

Judul diatas berkata “TENANGLAH, AKU INI JANGAN TAKUT !! diambil dari Markus 6:50, mari kita kita versi:
1, ENGLISH TODAY “……. "Courage!" he said. "It is Don't be afraid!". BERANILAH KATA TUHAN, JANGANLAH TAKUT.
2. KING JAMES “…… Be of good cheer: it is I; be not afraid.” TETAPLAH BERSUKACITA, INI AKU, JANGAN TAKUT.
3. CONTEMPORY “….. Don't worry! I am Jesus. Don't be afraid.” JANGAN KUATIR, AKU YESUS. JANGAN TAKUT.
 



Dari berbagai versi alkitab di atas, kita menangkap point-point penting yaitu :
1. TENANG“dalam tinggal tenang terletak kekuataanmu.”
Ciri :
- mampu mengendalikan situasi keadaan dan bukan dikendalikan oleh situasi dan keadaan.
- bertindak hati-hati,
- mampu menangani masalah yang terpelik sekalipun. 

2. BERANILAHKata “beranilah” memberi makna penegasan kepada kita. Bahwa kita harus berani, keberanian yang benar-benar muncul dari dalam ke luar. Keberanian yang bukan dibuat-buat tapi keberanian yang muncul karena ada suatu dorongan ROH KUDUS yang mendorong dari dalam ke luar. 

Memompa dan menggerakkan seluruh organ-organ tubuh untuk berdiri tegak, menghadapi segala rintangan yang ada. Bukan keberanian yang bersumber dari keadaan di sekeliling kita, karena lingkungan mendukung kita, karena punya beking orang kuat, etc. Keberanian yang seperti ini, tidak mampu bertahan lama, saat badai yang lebih besar datang, nyalinya akan secara ciut kembali. 

3. TETAP BERSUKACITA
Perbedaan mendasar antara sukacita dengan gembira. Seseorang bisa bergembira karena keadaan di luar dirinya yang membuat dia bergembira. Sedangkan sukacita berasal dari dalam yang mengalir keluar. Sukacita tidak dipengaruhi oleh keadaan sekitar yang membuat gembira. Tapi karena orang tersebut memiliki sumber mata air sukacita di dalam dirinya. 

4. INI AKU, YESUS TUHANYESUS menegaskan bahwa diriNYA adalah TUHAN yang memiliki dan mengatur alam semesta ini. DI dalam diriNYA ada kepenuhan ALLAH. Siapapun yang berharap padaNYA akan mendapatkan jalan keluar. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi anda untuk takut.


PERCAYAKANLAH SELURUH KEHIDUPANMU KEPADANYA 

5. JANGAN TAKUT
Ketakutan tidak mengerjakan kebaikan, ketakutan membuat manusia kehilangan pengharapan, ketakutan membuat manusia kehilangan kendali atas dirinya. Badai boleh datang dalam kehidupan kita, angin ribut boleh datang ke dalam kehidupan kita, masalah boleh datang ke dalam kehidupan kita, tapi janganlah semuanya itu membuat iman anda menjadi goyah. Karena anda memiliki YESUS yang siap menolong anda. 


TUHAN tidak pernah tertidur
TUHAN tidak pernah terlelap,
MATANYA selalu mengawasi langkah kehidupan anda
Dan dia siap untuk mendatangi anda.
Yang menjadi pertanyaan, siapakah anda untuk ditolongNYA
Masihkah anda bersikukuh dengan mengandalkan diri sendiri ?
Maukan anda menerima uluran tangan TUHAN ?
 


Sekaranglah saatnya bagi anda, untuk berserah dan ikuti doa di bawah ini

TUHAN YESUS,
Saya datang di hadapanmu, merendahkan diri dan bertobat,
Saya akui selama ini, saya sudah mengandalkan diri sendiri untuk mengatasi masalah ini,
Bukan keberhasilan atau kesuksesan yang saya dapati, malah kerugian yang saya dapati,
Saat ini, saya datang dihadapanmu, meminta ampun atas semua dosa,
Basuhlah dengan darah YESUS KRISTUS dan tahirkanlah diriku seputih salju


TUHAN, ambil alih seluruh kehidupan saya,
Lakukanlah apa yang menurutMU terbaik untuk hidup saya,
Peganglah tangan saya dan jangan lepaskan,
Karena tanpa MU saya tidak bisa apa-apa,
Saya percaya, ENGKAU akan menolongku tepat pada waktunya,
Ajarku untuk berharap sepenuhnya kepadaMU.
Dalam nama YESUS. AMIEN
 


PS:
- tidak ada lagi alasan untuk takut
- anda memiliki ALLAH yang luar biasa yang senantiasa mengawasi tiap-tiap langkah kehidupan
- YESUS datang untuk menolong anda,maukah anda menerima uluran tanganNYA ?
- Sekalipun badai bergelora, gunung-gunung beranjak, dan bumi bergoncang, tidak akan mampu memisahkan kasih ALLAH kepada mu.




2 TIMOTIUS 1:7, "Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.”



TUHAN memberkati ! (lies - 24012009)

Tidak ada komentar: