Kamis, November 12, 2009

MENJADI BERBEDA part 1


Written by : liesye herlyna

Baru-baru ini saya mendengar ada sebuah gereja yang cukup membuat gerah, bukan karena hadirat ALLAH turun di tempat itu dan membuat banyak orang bertobat. Namun karena di tempat ini jemaatnya terutama anak muda, diperbolehkan untuk memakai rok mini, tank top, gonta ganti pacar, clubbing, dandanan gothic/punk, ikut perayaan hallowen, konser music rock, bicara sembarangan, etc. 

Dan yang membuat saya kaget dan miris adalah ucapan junior pastor yang mengatakan “ Tidak apa-apa toch, mereka berpakaian dan melakukan hal itu. Yang penting adalah hati. TUHAN khan melihat hati dan bukan penampilan. Lagipula jadi anak TUHAN khan harus jadi anak gaul bukan kuper.” 

APAKAH ITU YANG BENAR-BENAR TUHAN MAU 
Jadi anak TUHAN dan anak gaul, HARUS dan SAYA SANGAT SETUJU !! Tapi bila demi jadi anak gaul harus mencemplungkan diri dan ikut GAYA HIDUP dunia, dan memakai alasan menjangkau jiwa-jiwa, menurut saya itu sangat dangkal. Karena menjangkau jiwa-jiwa yang terhilang dan BUKAN domba-domba gereja lain, adalah tanggung jawab semua anak TUHAN, TANPA KECUALI !! 

Jadi anak TUHAN memang harus jadi anak gaul, tidak kuper, tidak gaptek, smart, keren, berintegritas, excellent, capable, akuntanbility, intelegency, tahu perubahan dan perkembangan zaman, mampu bersaing dengan orang-orang yang tidak kenal TUHAN dan memiliki standar hidup  (bukan materi red) di atas rata-rata. Anda tentu ingat kisah DANIEL dan 3 orang rekannya, dimana kepintaran mereka 10x LEBIH CERDAS dan BERBEDA dibandingkan dengan orang-orang buangan yang diangkut ke BABEL, orang berilmu dan ahli jampi di seluruh BABEL. Seperti itulah seharusnya anak TUHAN. 

2 KORINTUS 5:17, “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang” 

Kata “SIAPA” merujuk kepada perorangan dan bukan golongan/sekelompok orang/strata/ Disini TUHAN berbicara kepada kita semua secara pribadi dan menegaskan bahwa kita HARUS HIDUP DI DALAM KRISTUS, dan bukan DI LUAR KRISTUS. Karena di luar KRISTUS kita hanya akan menjadi bulan-bulanan si iblis dan tidak dapat berbuat apa-apa. Kita hanya akan menjadi orang KRISTEN yang berputar-putar di padang gurun seumur hidup kita. Kita hanya akan menjadi orang KRISTEN yang jatuh bangun dalam dosa, hidup dalam tekanan, depresi, setres, memiliki iman traffic light. 

Bayangkan saat ini anda menjadi janin dan berada di dalam perut ibu anda. Darimana anda mendapatkan nutrisi untuk membangun sel-sel dan jaringan tubuh anda ? Darimana anda mendapatkan perlindungan ? Dari ibu anda tentunya, nutrisi itu mengalir ke tubuh anda, membentuk sel-sel dan organ-organ tubuh anda, melalui tali pusar anda. Otomatis apa yang ibu anda makan, anda makan juga, apa yang ibu minum, anda minum juga. Apa yang ibu anda rasakan, entah itu kebahagiaan, kesedihan, rasa kesal, kepahitan, keterkejutan, semua anda rasakan. Dan yang terlebih penting di dalam tubuh anda, mengalir DNA yang sama seperti yang orang tua anda miliki, baik secara fisik maupun karakter. 

Contohnya saya : orang yang suka menelepon ke rumah sering terkecoh, karena mereka sulit membedakan antara suara saya dengan suara mama. Mereka sering memanggil mama dengan nama saya atau memanggil saya dengan nama mama. Lucunya, mereka baru sadar bahwa mereka salah setelah nyerocos panjang lebar he…he…. Bukan hanya dari segi suara, wajah saya pun mirip mama, kata mereka saya itu duplikat mama waktu muda. 

Bila dari orang tua jasmani saja, di dalam diri kita mengalir darah dan DNA yang sama. Terlebih lagi saat kita dilahirkan di dalam air (baptisan air dan FIRMAN) dan ROH (ROH KUDUS), di dalam diri kita pun mengalir darah dan DNA yang sama, yaitu DNA KRISTUS. DNA yang berisi kuasa, mujizat, kasih, pengampunan, sukacita, kemenangan, kesabaran, kekuatan, kedewasaan karakter, iman, kerendahan hati, penundukan diri, otoritas,etc. Kesempurnaan telah ada di dalam DNA KRISTUS ini. 

DNA KRISTUS telah ada di dalam diri kita, namun DNA itu masih berupa benih yang harus kita tabur dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan berumah tangga, saat bersosialisasi, berbisnis, bekerja, masa depan, kuliah, saat mencari pasangan hidup, dalam pelayanan, dalam segala aspek kehidupan kita, dalam setiap tarikan nafas kita. Kita sendiri yang harus mengeluarkannya satu per satu, detik demi detik, jam demi jam, hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun, sampai akhir hayat kita. Detik demi detik, hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun, tanpa kita sadar, DNA KRISTUS itu telah menjadikan kita menjadi orang yang berbeda, SEGAMBAR dan SERUPA dengan ALLAH. 

Bukankah ini menjadi tujuan kita semua, SEGAMBAR dan SERUPA dengan ALLAH. Anda mungkin bertanya, bagaimana caranya ? 

Kuncinya hanya 2, yaitu : 
1. MENJAGA HATI 
Amsal 4:23, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” 

Matius 15:11 &18, 
15:11 "Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang." 1
5:18 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang."


2. BERUBAH OLEH PEMBAHARUAN BUDI (PIKIRAN, PERASAAN, KEHENDAK) 
Roma 12:2, “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” 

DNA KRISTUS memampukan kita melakukan SELURUH PERBUATAN KEBENARAN, dan tidak ada alasan gagal. Yang membuat kegagalan adalah rasa mengasihani diri sendiri yang tinggi dengan mengatakan saya tidak bisa, saya tidak mampu, itu bukan bagian saya, saya orang bodoh, siapalah saya, etc. Hal-hal itulah yang menghambat DNA KRISTUS bekerja dengan maximal atas diri kita. 

Mulai sekarang, berhenti mengatakan hal-hal negative atas diri anda dan pandanglah bahwa anda adalah mahluk ALLAH yang LUAR BIASA karena di dalam diri anda, mengalir DNA KRISTUS. BERTINDAKLAH !! Orang yang hidup dengan DNA KRISTUS, mampu membedakan mana keinginan kedagingan atau keinginan roh, mana suara iblis atau suara TUHAN, mana voice mana noise. Orang yang memiliki DNA KRISTUS, akan memiliki kepekaan lebih dari orang lain, tahu apa yang TUHAN kehendaki dan yang tidak. Dia tidak akan bertanya-tanya lagi “Apakah ini yang TUHAN kehendaki ?” “ Apakah TUHAN berkenan bila saya melakukan hal ini ?” “Apakah TUHAN merestui bila saya berpacaran dan menikah dengan orang yang berbeda agama ?” “ Apakah TUHAN setuju bila saya menyimpan kepahitan ini ?” “Tentulah TUHAN, memaklumi bila saya melakukan dosa.”, etc. 

SADRAKH , MESAKH, ABEDNEGO, tidak mendapat pernyataan TUHAN bahwa TUHAN akan membela mereka saat menentang penyembahan pada raja NEBUKADNEZAR. Mereka bertindak karena mereka MENGENAL siapa ALLAH yang mereka sembah dan APA yang ALLAH kehendaki atas hidup mereka. Mereka tidak takut untuk hidup berbeda dengan kebanyakan orang sekalipun harus dibayar dengan NYAWA. Kesungguhan hati untuk tidak kompromi dengan dosa, mendatangkan kemuliaan ALLAH atas hidup mereka. Nama ALLAH dipermuliakan di antara bangsa- bangsa dan mereka menjadi orang-orang yang disegani di antara para pejabat di negeri BABEL . 

Bagaimana dengan anda ? 
Apakah anda memilih untuk dikenan ALLAH daripada dikenan manusia ? 
Apakah anda rela membayar harga untuk mendapatkan sebuah kekekalan ? 
Apakah anda rela menukar kesenangan anda demi untuk sebuah kekudusan ? 
Apakah anda memilih untuk menjadi orang berbeda dan tidak sama dengan dunia ? 

Bila jawaban anda “YA” : 
1. Temukan siapa diri anda di dalam KRISTUS yang sesungguhnya 
2. Temukan 1 atau beberapa ayat FIRMAN TUHAN yang menjadi rhema 
3. Perkatakan dengan lantang jati diri anda, misal : AKU ANAK ALLAH YANG DIKASIHI. AKU DICIPTAKAN UNIK DAN BERBEDA, SEBELUM DAN SESUDAH AKU TIDAK ADA YANG SAMA. DI DALAM DIRIKU MENGALIR BENIH ILAHI DAN ITU ARTINYA AKU BERBEDA. AKU DI UTUS KE DUNIA UNTUK MEMBAWA SEBUAH PERUBAHAN.
4. Ambil sikap dan perbaharui komitmen di hadapan ALLAH, untuk memberikan SELURUH KEHIDUPAN anda kepada ALLAH 
5. Senantiasa minta pimpinan ROH KUDUS dan libatkan DIA dalam setiap keputusan 
6. Menjaga pikiran anda untuk tetap focus kepada ALLAH menit demi menit sepanjang hari 
7. Dengarkan suara-NYA dan bukan suara di sekeliling anda 
8. Evaluasi diri anda untuk jangka waktu tertentu, 1-3-6-12 bulan, untuk melihat sejauh mana perubahan yang telah anda capai. 

KENAPA HARUS BERBEDA 
Walaupun YESUS hanya hidup selama 3 ½ tahun, namun dia telah membawa perubahan yang sangat besar di muka bumi ini. Dia adalah seorang pendobrak, seorang revolusioner bagi dunia ini. YESUS membawa kesembuhan bagi yang terluka, membawa sukacita bagi yang berbeban berat, membawa pengharapan bagi yang tiada pengharapan, membawa kemerdekaan bagi yang tertindas, membawa pengampunan atas dosa. Dimana ada YESUS disitulah terjadi manifestasi kuasa ALLAH, dimana ada YESUS disitulah kabar keselamatan disampaikan. Dimana ada YESUS disitulah kerajaan ALLAH dinyatakan.

YESUS memang tinggal di dunia, namun DIA tidak menjadi sama seperti dunia. YESUS belajar bahasa, kebudayaan dan tradisi YAHUDI, disunat saat berumur 8 hari, beribadah di sinagoge, YESUS memiliki emosi yang sama seperti kita, DIA bisa merasakan apa itu lapar, haus, perasaan ditinggalkan, dikhianati, marah, sedih, gembira, dilecehkan, penganiayaan, diludahi, diolok-olok, direndahkan, etc. Namun semua itu tidak membuatnya kabur dan kehilangan identitas dirinya sebagai ANAK ALLAH dan misi utama-NYA untuk mati di atas kayu salib menyelamatkan dosa manusia. 

Keputusan untuk TAAT-an kepada ALLAH menjadikan YESUS berbeda dan mampu menjalani itu semua. Tanpa ketaatan kepada ALLAH, YESUS mungkin saja berpaling dari panggilan utamanya dan menyuruh Yudas Iskariot untuk menggantikan dirinya. YESUS telah memberikan teladan, bahwa hanya melalui ke-TAAT-an kepada ALLAH, kita akan dibuat menjadi berbeda. Karena kita melakukan apa yang ALLAH kehendaki dan bukan apa yang kita kehendaki. Setiap tindakan yang kita lakukan atas kehendak TUHAN, dapat dipastikan membawa sebuah perbedaan yang besar bagi dunia ini. Dan semua itu mendatangkan kemuliaan bagi TUHAN !! 

SIAPAKAH UNTUK BERBEDA ?? 

With a warm love from GOD 
(lies – 12112009)

Tidak ada komentar: